Marquee Player Persija Minimalis

By Rabu, 26 April 2017 | 08:35 WIB
Pemain baru sekaligus marquee player Persija Jakarta, Bruno da Silva Lopes, dalam pertandingan Liga 1 2017 menghadapi Barito Putera di Stadion Patriot, Bekasi, pada Minggu (23/4/2017).
FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET
Pemain baru sekaligus marquee player Persija Jakarta, Bruno da Silva Lopes, dalam pertandingan Liga 1 2017 menghadapi Barito Putera di Stadion Patriot, Bekasi, pada Minggu (23/4/2017).

Terdapat wajah baru dalam susunan pemain Persija Jakarta pada laga pekan kedua Liga 1 kontra Barito Putera di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (22/4/2017). Dialah Bruno Da Silva Lopes, striker berkebangsaan Brasil yang didaftarkan sebagai marquee player.

Penulis: Indra Citra Sena

Nama Bruno Lopes barangkali terdengar asing di telinga penikmat sepak bola Indonesia. Namun, dia memenuhi persyaratan marquee player sesuai regulasi PSSI.

Pemain harus tampil di salah satu dari tiga edisi Piala Dunia terakhir (2006, 2010, dan 2014) atau pernah merumput di delapan liga top Eropa.

Berdasarkan situs Transfermarkt, Bruno Lopes sempat berseragam Estoril Praia (Liga Portugal) selama dua musim. Dia bahkan pernah mencuri perhatian tatkala menggelontorkan empat gol dalam partai 16 besar Piala Portugal versus Leixoes, 1 April 2014.

Meski begitu, kapasitas Bruno dipertanyakan mengingat minimnya prestasi di kompetisi Eropa. Dibanding marquee player lain di Liga 1, durasi bermain striker berusia 30 tahun ini di Benua Biru dapat dikatakan paling sedikit.

Memang masih ada Shane Smeltz, yang cuma mencicipi kompetisi Eropa selama semusim di Genclebirligi (Liga Turki), tetapi prestasi pemain asal Selandia Baru itu jauh lebih mentereng karena sempat mentas dan mencetak gol bareng negaranya di Piala Dunia 2010.

Status boleh minimalis, tetapi pelatih Persija, Stefano Cugurra, tetap menaruh kepercayaan yang besar kepada Bruno Lopes. Dia yakin pemain barunya tersebut bakal memberikan kontribusi signifikan di Liga 1.

Bruno Lopes adalah pemain bagus. Dia bisa melakoni berbagai posisi di lini depan, mulai dari penyerang sayap kiri, penyerang sayap kanan, penyerang bayangan, dan target man. Dia juga memiliki akurasi tembakan yang bagus,” kata pelatih yang akrab disapa Teco itu kepada BOLA.

Daftar Marquee Player di Liga 1 (data hingga 26 April 2017):

  • Michael Essien (Ghana)
    Klub: Persib
    Durasi di Eropa: 16 musim
  • Peter Odemwingie (Nigeria)
    Klub: Madura United
    Durasi di Eropa: 14 musim
  • Momo Sissoko (Mali)
    Klub: Mitra Kukar
    Durasi di Eropa: 13 musim
  • Didier Zokora (Pantai Gading)
    Klub: Semen Padang
    Durasi di Eropa: 11 musim
  • Nick van der Velden (Belanda)
    Klub: Bali United
    Durasi di Eropa: 8 musim
  • Juan Pino (Kolombia)
    Klub: Arema
    Durasi di Eropa: 7 musim
  • Wiljan Pluim (Belanda)
    Klub: PSM
    Durasi di Eropa: 7 musim
  • Elio Martins (Portugal)
    Klub: PS TNI
    Durasi di Eropa: 4 musim
  • Anmar Almubaraki (Irak/Belanda)
    Klub: Persiba
    Durasi di Eropa: 3 musim
  • Coelho (Brasil)
    Klub: Persela
    Durasi di Eropa: 3 musim
  • Bruno Lopes (Brasil)
    Klub: Persija
    Durasi di Eropa: 2 musim
  • Shane Smeltz (Selandia Baru)
    Klub: Borneo FC
    Durasi di Eropa: 1 musim


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X