Wawancara Eksklusif, Indonesia Cinta Lama Joey Suk

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 22 April 2017 | 09:03 WIB
Gelandang Go Eagles Ahead keturunan Indonesia, Joey Suk.
DOK. YOUTUBE
Gelandang Go Eagles Ahead keturunan Indonesia, Joey Suk.

 Nama Joey Suk kerap terdengar di telinga pecinta sepak bola Indonesia ketika PSSI menggulirkan program naturalisasi pada 2011.

Dari Maret hingga April tahun tersebut, Joey Suk sudah menjalin komunikasi dengan federasi dan menyatakan kesediaannya membela tim nasional (timnas) Indonesia.

Selain gelandang yang kini membela Go Eagles Ahead itu, PSSI juga membantu Diego Michiels, Stefano Lilipaly, dan Ruben Wuarbanaran untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Tiga nama terakhir merampungkan proses naturalisasi hingga pengambilan sumpah. Sebaliknya, tahapan terakhir dilewatkan Joey Suk karena konflik yang merundung PSSI.

Kini, pemain berusia 27 tahun itu kembali mendapatkan pintu untuk berseragam Indonesia, seperti yang sudah dilakukan Lilipaly pada Piala AFF 2016.

Nama dia masuk dalam daftar 24 pesepak bola berbakat keturunan Indonesia yang berkarier di Eropa Barat. Daftar pemain tersebut merupakan hasil koordinasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). 

Terkait hal itu, jurnalis Kompas.com dan JUARA, Anju Christian, coba melakukan korespondensi dengan Joey Suk untuk menanyakan ketertarikannya apabila kembali dipanggil PSSI. Keinginan dia ternyata belum berubah setelah enam tahun berlalu.

Berikut ini adalah wawancara selengkapnya:

Halo Joey, sebagai informasi untuk Anda, PSSI tengah menjalankan program naturalisasi lagi. Anda masuk daftar 24 pesepak bola berbakat berdarah Indonesia di luar negeri.

Itu bagus. Saya tentu bersedia datang, tetapi menginginkan adanya komunikasi intensif (dengan PSSI).

Apakah ada komunikasi belakangan ini?

Belum ada kontak lagi untuk sekarang

Artinya, Anda tertarik?

Ya, sebuah kebanggaan bermain untuk PSSI.

Baca: Cerita Yussa Nugraha, dari Pesan Indra Sjafri hingga Foto Lilipaly

 

A post shared by J O E Y S U K (@joeysuk) on Nov 7, 2016 at 9:26am PST

 


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.