Seleksi Indonesia U-19, Lihat Saja Nanti!

By Minggu, 26 Februari 2017 | 16:14 WIB
Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri (tengah) saat hadir dalam seleksi pemain di lapangan Lodaya, Kota Bandung, Minggu (19/2/2017).
BUDI KRESNADI/JUARA.NET
Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri (tengah) saat hadir dalam seleksi pemain di lapangan Lodaya, Kota Bandung, Minggu (19/2/2017).

Tahun lalu, Vietnam U-16 berhasil menorehkan sejarah di Piala Asia U-16. Tim asuhan Dinh The Nam lolos ke perempat final untuk pertama kalinya dalam rentang waktu 16 tahun.

Penulis: Andrew Sihombing/Yan Daulaka

Sembilan eks pilar skuat U-16 tersebut yang akan menjadi tulang punggung Vietnam U-18 di Piala AFF U-18 tahun ini. Kekuatan tim besutan Dinh Hong Vinh akan ditambah dengan beberapa pemain anggota skuat Vietnam U-20 yang bakal tampil di Piala Dunia Junior pada Mei-Juni mendatang.

Target mereka jelas, yakni mengulangi raihan gelar di edisi 2007 serta menebus rasa penasaran saat terhenti di partai puncak pada edisi 2011, 2013, 2014, dan 2015. Sepak bola junior Vietnam memang tengah bergeliat dahsyat.

Otoritas bal-balan Negeri Paman Ho melihat Piala Dunia 2026, yang memberikan empat jatah tambahan bagi negara Asia, sebagai peluang yang mesti dimaksimalkan.

Selain Vietnam, jagoan lain di Piala AFF U-18 2017 tak lain sang tuan rumah Myanmar. Kekuatan sepak bola junior negeri ini juga patut diperhitungkan selepas kelolosan ke Piala Dunia U-20 dua tahun lalu.

Setengah Tahun

Kekuatan Vietnam dan Myanmar jelas harus menjadi perhatian utama Indonesia U-18. Tim Garuda Jaya asuhan Indra Sjafri memang tergabung di Grup B bersama kedua negara tersebut. Belum lagi tim undangan Selandia Baru sebagai kuda hitam.

Masalahnya, Indonesia U-18 setidaknya sudah tertinggal dalam hal persiapan. Bila Vietnam U-18 misalnya, tengah menjalani persiapan intensif dan mengagendakan tampil di tiga turnamen uji coba, termasuk yang saat ini tengah berlangsung di China (16-24 Februari 2017), Indonesia U-18 masih dalam tahap pencarian pemain.

Selain di Jakarta pada Kamis (23/2/2017), Indra direncanakan melihat langsung seleksi terakhir di Papua pada 28 Februari 2017. Adapun seleksi nasional direncanakan berlangsung pada 1 Maret 2017.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.