Inilah Deretan Pelatih Indonesia dari Masa ke Masa

By Kamis, 19 Januari 2017 | 11:31 WIB
Pemandangan aerial Stadion Gelora Bung Karno menjelang laga final Leg II Piala AFF Suzuki Cup antara Indonesia vs Malaysia, (29/12/2010)
DOK. BOLA
Pemandangan aerial Stadion Gelora Bung Karno menjelang laga final Leg II Piala AFF Suzuki Cup antara Indonesia vs Malaysia, (29/12/2010)

Lagu kebangsaan Belanda, Het Wilhelmus, berkumandang di Velodrome Municipal, Reims, Prancis, 5 Juni 1938. Johannes Christoffel van Mastenbroek membawa Indonesia, yang masih berkostum oranye dan bernama Dutch East Indies, tampil di Piala Dunia 1938. Ia menjadi orang pertama yang menggiring timnas ke Piala Dunia sekaligus tonggak awal langkah timnas Indonesia di pentas dunia.

Penulis: Ferry Tri Adi

1. Johannes Christoffel van Mastenbroek (Belanda/1938)

Johannes Christoffel van Mastenbroek boleh dibilang menjadi orang pertama yang memahami cikal bakal timnas Indonesia.

Ia sebetulnya bukan melatih tim nasional bentukan PSSI, melainkan tim NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) milik Belanda, yang kala itu tengah menjajah Tanah Air. Tim NIVU dan PSSI sedang mempersiapkan tim untuk Piala Dunia 1938.

Alhasil, keduanya dibenturkan untuk menentukan siapa yang layak berangkat.

Namun, di tengah perjalanan NIVU melanggar perjanjian dan mengirimkan tim sendiri. Tim berangkat menumpang kapal MS Johan van Oldenbarnevelt dari Tanjung Priok, 18 Maret 1938.

Tim yang masih memakai nama Hindia Belanda itu langsung rontok di ronde pertama Piala Dunia 1938 setelah digebuk Hungaria, 6-0. Mastenbroek sendiri memadukan pemain dari berbagai macam suku. Selain orang-orang Belanda, ada orang Jawa, Ambon, Tionghoa, dan pribumi lain.

Seperti ditulis Java Bode, pemain terbaik dari seluruh Jawa beruji coba di Lapangan Tiong Hwa, Surabaya, pada 12 Februari 1938. Dari situlah, pemimpin NIVU, Van Bommel dibantu dengan pencari bakat R.E. Weiss, dan Masternbroek memilih pemain.

Kalau mengacu Mastenbroek sebagai pelatih timnas pertama, sebenarnya tak hanya Piala Dunia 1938 yang sudah diikuti.

Dalam Majalah Doenia Film dan Sport 1932, nama Indonesia pun sudah disebut dan menulis bahwa Merah-Putih sudah mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 1934.

Ajang Internasional

  • Runner-up Far Eastern Games 1934
  • Kualifikasi Piala Dunia 1938
  • Ronde 1 Piala Dunia 1938

2. Choo Seng Quee (Singapura/1951-1953)

Uncle Choo, sebutan khas Choo Seng Quee, disebut-sebut sebagai pelatih pertama Garuda jika tolok ukurnya ialah kemerdekaan Indonesia.

Choo menerapkan metode latihan superketat dan disiplin. Hasilnya, Indonesia berhasil mencetak 46 gol dan hanya kebobolan sembilan gol dalam sembilan laga uji coba tahun 1953.

Satu-satunya kekalahan ialah saat ditekuk Korsel 3-1. Choo cuma bisa membawa Indonesia ke perempat final Asian Games 1951.

Ajang Internasional

  • Perempat Final Asian Games 1951


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.734


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.