Kilas Balik Piala AFF 1998, Pergi Semangat Pulang Sekarat

By Kamis, 27 Oktober 2016 | 15:32 WIB
Pemain tim nasional Indonesia, Mursyid Effendi (kanan).
DOK BOLA
Pemain tim nasional Indonesia, Mursyid Effendi (kanan).

Sepak bola Indonesia jadi bahan umpatan negara-negara tetangga. Tanah Air mengalami "kekecewaan nasional", setelah stoper Mursyid Effendi membuat gol bunuh diri bersejarah dalam dunia persepakbolaan Asia Tenggara.

Penulis: Persiana Galih

Stadion Thong Nhat, Vietnam, menjadi saksi. Di sana digelar partai penutup babak penyisihan Grup A Piala Tiger (sekarang Piala AFF), yang mempertemukan Indonesia dan Thailand.

Sepanjang pertandingan, kedua tim main ogah-ogahan. Mereka sama-sama ingin kalah agar terhindar dari Vietnam, yang lebih dulu keluar sebagai runner-up Grup B.

Kedua tim justru ingin menjadi runner-up agar bertemu Singapura, yang dinilai sebagai lawan enteng. Siapa yang tak takut Vietnam? Tim tuan rumah punya materi pemain yang mumpuni.

Kala itu, tim peserta Tiger juga menilai Vietnam kerap dilindungi wasit. Skor 2-2 berlangsung hingga beberapa menit sebelum laga Indonesia-Thailand rampung.

Tak ambil pusing, Mursyid, yang menguasai bola beberapa meter di depan kiper Kurnia Sandy, langsung menceploskan bola ke gawang sendiri.

Baca Juga:

"Mesisan, Cak! Kami sudah main serius, mereka (Thailand) malah main seperti begitu," kata Mursyid, setelah pertandingan itu kepada BOLA.

Ia merasa telanjur dan muak karena telah melakoni laga dagelan. Rusdy Bahlawan, pelatih timnas, pun merasa kecewa.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X