Kultur Sepak Bola Jepang Antar Hanif Sjahbandi Jadi Pemain Inti Persiba

By Suci Rahayu - Minggu, 23 Oktober 2016 | 08:47 WIB
Pemain muda asal Indonesia, Hanif Sjahbandi, saat berlatih bersama klub asal Jepang, Iwaki FC.
Dok. Munial Sport Group (MSG)
Pemain muda asal Indonesia, Hanif Sjahbandi, saat berlatih bersama klub asal Jepang, Iwaki FC.

Nama Hanif Abdurrauf Sjahbandi perlahan mulai tidak asing lagi di telinga para pencinta sepak bola di Indonesia. Hal ini tentu tidak lepas dari kariernya yang cukup gemilang di pentas sepak bola nasional.

Nama Hanif mulai mencuat saat membela Persipasi Bandung Raya (PBR) di ajang Piala Presiden 2015. Meski PBR tak mampu meraih hasil apik, Hanif muncul sebagai salah satu talenta muda yang menarik perhatian publik.

Seusai turnamen tersebut, Hanif dibawa oleh agenya, Munial Sports Grup (MSG), menjalani trial dan berlatih ke beberapa klub luar negeri.

Ia pernah berlatih di klub asal Jepang Iwaki FC, klub yang dilatih mantan direktur teknik tim nasional Indonesia Pieter Huistra, selama beberapa pekan. Kemudian, Hanif juga sempat menjalani trial di FC Tokyo.

Momen ini membuat namanya berkibar karena sempat diliput oleh pihak J-League melalui akun YouTube resminya.

Baca Juga:

Diakui oleh Hanif bahwa kesempatan menimba ilmu di Jepang sangat berpengaruh dalam kariernya.

Banyak pelajaran penting ia dapatkan dari negara yang telah melahirkan bintang sepak bola dunia seperti Hidetosi Nakata, Keisuke Honda, hingga Shinji Kagawa ini.

"Ya, hal penting yang saya terapkan adalah kedisiplinan dan total dalam latihan, itu sangat menonjol dalam sepak bola Jepang," ujar Hanif.

Sepulang menjalani trial di Jepang, Hanif lantas dipanggil mengikuti seleksi tim nasional U-19 asuhan Eduard Tjong. Lolos dari seleksi, pemain 18 tahun ini tampil membela Garuda Muda di ajang Piala AFF U-19 di Hanoi, Vietnam.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X