Jangan Ada Lagi Korban dari Suporter Sepak Bola

By Sabtu, 28 Mei 2016 | 08:35 WIB
Meja doa untuk salah satu suporter PSS, Stanislaus Gandhang Deswara, di pinggir lapangan Stadion Maguwo, Sleman, yang meninggal karena bentrok dengan pendukung klub lain pada Sabtu (21/5/2016).
GONANG SUSATYO/BOLA/JUARA.net
Meja doa untuk salah satu suporter PSS, Stanislaus Gandhang Deswara, di pinggir lapangan Stadion Maguwo, Sleman, yang meninggal karena bentrok dengan pendukung klub lain pada Sabtu (21/5/2016).

Insiden rusuh suporter kembali menelan korban. Selama dua tahun terakhir di Yogyakarta-Solo, sepak bola nasional diselimuti mendung hitam. Suporter tewas sia-sia.

Pada 2014, suporter PSCS Cilacap, Muhammad Ikhwanudin (19), meninggal setelah bus yang ditumpanginya diserang sekelompok suporter di Yogyakarta. Padahal saat itu, Ikhwanudin mendukung PSCS yang bertanding melawan Persis Solo di kompetisi Divisi Utama.

PSCS bukan sedang bertanding melawan salah satu tim DI Yogyakarta. Namun, Ikhwanudin akhirnya meninggal sia-sia.

Hanya berselang dua tahun atau tepatnya Minggu (22/5/2016), giliran suporter PSS Sleman yang tewas. Ya, Stanislaus Gandhang Deswara, meninggal menyusul adanya bentrok suporter di jalur Sleman menuju Kota Yogyakarta.

”Peristiwa dua tahun lalu masih meninggalkan duka bagi PSCS. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Kami sangat berharap tak ada lagi suporter yang tewas.”

Sekretaris PSCS, Wasis.

Ironisnya lagi, PSS sesungguhnya tidak sedang bertanding melawan PSIM Yogyakarta. Suporter PSIM, Brajamusti, justru baru pulang dari Semarang usai mendukung tim kesayangan melawan PSIS di Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Imbauan agar kasus Ikhwanudin dan Gandhang tak terulang terus mencuat. Apalagi, PSCS kembali datang ke Solo untuk melakoni laga tandang melawan Persis dalam lanjutan ISC B.

Laga itu digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (29/5/2016).

”Peristiwa dua tahun lalu masih meninggalkan duka bagi PSCS. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Kami sangat berharap tak ada lagi suporter yang tewas,” ujar Wasis, sekretaris PSCS.

Baca juga:

Menurut Wasis, pihaknya tak bisa melarang bila suporter tetap datang ke Solo untuk memberi dukungan pada PSCS. Apalagi Lanus, suporter PSCS, memiliki hubungan baik dengan Pasoepati, pendukung Persis.


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.