5 Pemain Termahal yang Dijual AS Monaco

By Beri Bagja - Sabtu, 24 Juni 2017 | 14:01 WIB
Kylian Mbappe Lottin saat menjalani sesi latihan bersama timnas Prancis menjelang duel uji coba lawan Inggris di Saint-Denis, 12 Juni 2017.
FRANCK FIFE / AFP
Kylian Mbappe Lottin saat menjalani sesi latihan bersama timnas Prancis menjelang duel uji coba lawan Inggris di Saint-Denis, 12 Juni 2017.

AS Monaco terkenal sebagai mesin penghasil uang yang andal. Klub anggota Liga Prancis ini piawai memoles pemain hingga menjualnya ke klub lain dengan harga transfer yang masif.

Tradisi AS Monaco menjual pemain bintang dengan harga 'wah' sudah bisa ditelusuri sejak hampir dua dekade ke belakang.

Ambil contoh transfer Sonny Anderson ke FC Barcelona yang memakan biaya 18 juta euro (kini setara Rp 268 miliar) pada 1997-1998.

Ketika itu, Anderson menjadi rekrutan termahal kedua El Barca setelah Rivaldo (23,5 juta euro).

Catat pula jumlah ongkos yang dikeluarkan Juventus dan Manchester United buat membeli David Trezeguet (23 juta euro) dan Fabien Barthez (11,7) pada jendela transfer 2000-2001.


Gaya pemain AS Monaco, Kylian Mbappe Lottin, seusai melewatkan peluang menjebol gawang Manchester City dalam partai leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Louis II, Monako, 15 Maret 2017.(VALERY HACHE / AFP)

Jangan abaikan juga penjualan Thierry Henry ke Juventus pada 1998-1999 yang berharga 12,5 juta euro.

Akan tetapi, jumlah tersebut bukan apa-apa dibandingkan potensi rekor yang bakal terpecahkan jika Monaco jadi melego Kylian Mbappe Lottin musim panas ini.

Penyerang lincah berusia 18 tahun itu merupakan aset termahal AS Monaco saat ini. Manajemen Monaco disebut telah menolak proposal bernilai 120 juta euro atau setara Rp 1,78 triliun dari Real Madrid!

Baca Juga:

Petinggi Monaco kini dilaporkan memasang harga 130-140 juta euro buat klub peminat, misalnya Arsenal, yang ingin mendaratkan Mbappe.

Klub beralias Les Rouges et Blancs (Merah-Putih) memang tak ragu memasang banderol selangit sebagai upaya menjaga para bintang.

Tetap saja ada klub-klub yang berani menebus syarat tersebut demi mencaplok aset menggiurkan yang dipoles Monaco.

Berikut lima pemain dengan rekor nilai penjualan termahal oleh Monaco sepanjang sejarah. Sederet nama berikut ini akan dilibas oleh Mbappe andai ada klub 'gila' yang berani menghabiskan ongkos Rp 2 triliun kelak.

1. James Rodriguez (Monaco ke Real Madrid)

Real Madrid menghabiskan uang 75 juta euro buat membeli James Rodriguez dari Monaco pada jendela transfer musim 2014-2015. 

Manuver itu ditempuh El Real setelah James tampil gemilang bersama timnas Kolombia di Piala Dunia 2014.

Jika hanya dihitung secara nominal, Monaco untung 30 juta euro setelah membeli James seharga 45 juta dari FC Porto pada 2013.

Bersama Monaco, dia hanya tampil semusim dengan catatan 9 gol dan 12 assist dalam 34 partai Liga Prancis 2013-2014.

Dengan megatransfer itu, James tercatat sebagai pemain termahal kedua di dunia pada 2014 setelah Luis Suarez, yang dibeli Barcelona dari Liverpool (82,3 juta euro). 


Editor : Beri Bagja
Sumber : transfermarkt, Telegraph


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.