Drama Jual Mahal Donnarumma di AC Milan

By Sabtu, 24 Juni 2017 | 14:58 WIB
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, salut dengan dukungan penggemar dalam laga Serie A kontra Inter Milan di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, pada 15 April 2017.
EMILIO ANDREOLI/GETTY IMAGES
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, salut dengan dukungan penggemar dalam laga Serie A kontra Inter Milan di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, pada 15 April 2017.

Sepekan terakhir, tajuk utama di media-media Italia adalah seputar masa depan kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Kesan jual mahal terlihat sepanjang drama yang tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Penulis: Theresia Simanjuntak

Pekan lalu Gianluigi Donnarumma menjatuhkan bom bagi klubnya. Melalui sang agen, Mino Raiola, kiper berusia 18 tahun itu mengumumkan telah menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Milan.

Kontrak Donnarumma di San Siro bakal kedaluwarsa pada pertengahan 2018. Artinya, jika tidak dijual di musim panas 2017, maka lulusan akademi Milan ini bakal pergi secara gratis.

Donnarumma jual mahal. Kata ini bermakna ganda. Makna pertama ialah Milan perlu menjual kiper muda mereka itu dengan harga semaksimal mungkin. 


Pelatih AC Milan, Vincenzo Montella, diapit oleh Direktur Olahraga, Massimiliano Mirabelli (kiri), dan CEO, Marco Fassone, sebelum dimulainya laga Serie A kontra Atalanta di Stadion Atleti Azzurri d'Italia, Bergamo, Italia, pada 13 Mei 2017.(EMILIO ANDREOLI/GETTY IMAGES)

CEO Milan, Marco Fassone, telah memastikan pihaknya tidak akan membiarkan Donnarumma hengkang ke klub mana pun dengan biaya transfer di bawah 20 juta euro.

"Kami tidak butuh pihak-pihak yang menyerahkan uang 20 juta euro saja demi Donnarumma, yang jauh lebih bernilai dari angka tersebut. Gigio akan bertahan dan pergi tahun depan secara gratis," ujar Fassone awal pekan ini.

Baca Juga:

Hal ini jelas sebuah perjudian bagi Fassone. Pihaknya sadar betul Milan tak dapat mengeruk uang banyak dari penjualan Donnarumma.

Kontraknya cuma menyisakan setahun lagi, tapi klub harus membuat strategi agar pengguna nomor punggung 99 itu mau berubah pikiran dalam setahun ke depan.

Perlu diingat, kontrak Gigio saat ini ialah perjanjian ketika ia bergabung dengan akademi Milan pada 2013. Dengan kata lain, itu bukan kontraknya sebagai pemain senior.

Mencuat di tim utama Milan pada 2015, Donnarumma tidak diizinkan meneken kontrak profesional pertamanya sebelum resmi menginjak usia 18 tahun.


Gianluigi Donnarumma pada pertandingan Milan kontra Juventus, 22 Oktober 2016 di San Siro, Milan.(MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES)

Persoalan inilah yang melatarbelakangi kemungkinan Donnarumma pergi dengan harga murah. Situs Transfermarkt bahkan menyebut nilai pasar sang pemain berkisar 25 juta euro.

Milan mencoba mengikat Donnarumma ketika sang penjaga gawang genap berumur 18 tahun pada 25 Februari 2017.

Negosiasi gagal total, berujung pada keputusan Donnarumma enggan menandatangani perpanjangan kontrak dengan Setan Merah.

Kabarnya, penyebab kegagalan ialah Milan menolak meluluskan permintaan Raiola akan adanya klausul pelepasan khusus dalam kontrak baru jika Milan kemudian gagal lolos ke Liga Champions.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.779


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.