Rapor AS Monaco 2016-2017, Juara Setelah 17 Tahun

By Senin, 29 Mei 2017 | 14:30 WIB
Gelandang AS Monaco, Bernardo Silva (kiri, memegang bola), merayakan kemenangan timnya atas Manchester City di Babak 16 Besar Liga Champions di Stade Lois II, Monako, pada 15 Maret 2017.
MICHAEL STEELE/GETTY IMAGES
Gelandang AS Monaco, Bernardo Silva (kiri, memegang bola), merayakan kemenangan timnya atas Manchester City di Babak 16 Besar Liga Champions di Stade Lois II, Monako, pada 15 Maret 2017.

Dengan 53 poin yang didapat dari 20 laga terakhir di Ligue 1, AS Monaco memantapkan diri menjadi juara Prancis musim ini. Dari 20 laga tersebut, Monaco tak pernah kalah, tepatnya 18 kali menang dan dua kali seri. Monaco bahkan mencetak 12 kali kemenangan beruntun hingga pekan terakhir. 

Penulis: Dian Savitri

Kompetisi 2016/17 adalah musim ketiga pelatih asal Portugal, Leonardo Jardim, menangani Les Monegasques. Pada dua musim sebelumnya, Monaco selalu berakhir di peringkat ke-3, dengan dua klub yang sama, Paris Saint-Germain dan Lyon, berada di atasnya.

Musim ini, Monaco tidak hanya melihat PSG menjadi runner-up, tapi juga menyaksikan Lyon tidak bisa mendapatkan tempat di Liga Champion musim depan.

Kepastian Monaco menjadi juara liga terjadi pada 17 Mei lalu, ketika klub itu menjamu St Etienne pada partai tunda pekan ke-31.


Penyerang AS Monaco, Radamel Falcao (kiri), merayakan golnya ke gawang Lille dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monako, 14 Mei 2017.(YANN COATSALIOU / AFP)

Monaco menang 2-0. Gelar itu menjadi yang pertama untuk Monaco sejak 2000. Pangeran Albert II, penguasa Kerajaan Monaco dan pemilik klub, ikut bahagia.

“Empat tahun lalu kami masih bermain di Ligue 2. Kini kami juara Prancis. Grup ini berisi pemainpemain yang luar biasa, berbakat, dan sangat bersemangat, dipimpin oleh pelatih yang bagus,” kata sang pangeran seperti dikutip dari ESPN.

Pada akhir musim 2012/13, Monaco menjadi juara Ligue 2 dan promosi ke Ligue 1. Pada awal musim ini, Monaco hanya berharap untuk bisa mengulangi peringkat ke-3 sehingga dapat tampil di Liga Champion melalui kualifikasi babak III.

Baca Juga:

Namun, bukan hal itu yang terjadi. Radamel Falcao dan segenap pemain lainnya, termasuk si bintang muda Kylian Mbappe, membuat Monaco tampil mengerikan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.