Rapor Real Madrid 2016-2017, Kelayakan Sang Raja

By Senin, 29 Mei 2017 | 04:17 WIB
Para pemain Real Madrid saat merayakan kemenangan La Liga atau Liga Spanyol 2016-2017 melawan Malaga di Stadion La Rosaleda, Malaga, Spanyol, pada 21 Mei 2017.
GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES
Para pemain Real Madrid saat merayakan kemenangan La Liga atau Liga Spanyol 2016-2017 melawan Malaga di Stadion La Rosaleda, Malaga, Spanyol, pada 21 Mei 2017.

Real Madrid menjuarai La Liga untuk pertama kali sejak 2011-2012. Los Blancos sangat layak menyandang status kampiun musim ini.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Perjalanan Madrid ke tangga juara tak mudah, sempat naik-turun, serta penuh perjuangan. Ya, tema juara Los Blancos musim ini barangkali soal perjuangan.

Bagaimana tidak? Madrid sukses mencetak gol di setiap pertandingan liga untuk kali pertama sepanjang sejarahnya. Tapi, gol-gol itu kerap muncul di akhir laga.

Bahkan, hampir seperempat dari total partai Madrid di La Liga, ada torehan gol di 10 menit akhir yang akhirnya memberikan poin buat Los Blancos, baik itu kemenangan atau hasil seri.

Beberapa di antaranya terjadi di partai sengit dan vital, seperti laga el clasico jilid pertama.


Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mencoba merebut bola dari kaki Lionel Messi (FC Barcelona) dalam laga di Camp Nou, 3 Desember 2016(ALEX CAPARROS/GETTY IMAGES)

Gol-gol itu yang pada akhirnya memunculkan start bagus Madrid tak terkalahkan dalam 16 partai awal di La Liga musim ini. Start brilian membawa Madrid sukses memuncaki klasemen sejak pekan ketiga.

Sempat naik-turun posisi karena laga tunda dan hasil minor, Madrid akhirnya konsisten menempel sang rival Barca dengan satu partai sisa tunda. Madrid menyalip Barcelona di dua laga terakhir dan memastikan diri juara di jornada pamungkas.

Keberhasilan Madrid juara ke-33 kali di La Liga terasa lebih spesial lantaran Zidane berhasil membuat sebuah strategi rotasi yang rasanya bisa diterima semua pihak, bahkan didukung Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:

Alhasil, ada 20 pemain Madrid musim ini dengan jam terbang di atas 1.000 menit! Sebuah hal yang tak biasa untuk tim juara.

Pun dengan banyaknya peluang tampil bagi setiap pemain yang akhirnya memunculkan alternatif baru buat sumber gol. Hampir semua personel Madrid bikin gol, kecuali tiga kiper dan duo bek Fabio Coentrao dan Dani Carvajal.

Plaza Cibeles pun menggelar pesta, tapi barangkali bukan yang terbesar karena bulan depan pesta bisa digelar lagi di sana setelah Los Blancos mewujudkan asa meraih gelar dobel La Liga dan Liga Champions.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.