5 Kepastian dari Hasil Pekan Terakhir Liga Jerman 2016-2017

By Beri Bagja - Sabtu, 20 Mei 2017 | 23:15 WIB
Para pemain dan staf pelatih FC Bayern Muenchen menggelar pesta juara Bundesliga 2016-2017 setelah partai pekan terakhir kasta teratas Liga Jerman itu melawan Freiburg di Allianz Arena, Muenchen, 20 Mei 2017.
CHRISTOF STACHE/ AFP
Para pemain dan staf pelatih FC Bayern Muenchen menggelar pesta juara Bundesliga 2016-2017 setelah partai pekan terakhir kasta teratas Liga Jerman itu melawan Freiburg di Allianz Arena, Muenchen, 20 Mei 2017.

Bundesliga 1 2016-2017 mementaskan pekan terakhirnya pada Sabtu (20/5/2017). Kompetisi lapis teratas di Liga Jerman itu menelurkan berbagai kepastian setelah kelar menggelar pekan ke-34.

Berikut lima kepastian yang muncul dari hasil pertandingan penutup musim ini.

1. Perpisahan Xabi Alonso dan Philipp Lahm

Akhirnya tiba juga saat FC Bayern Muenchen mengucapkan perpisahan buat kapten legendaris mereka, Philipp Lahm (33), dan gelandang elegan, Xabi Alonso (35).

Sejak beberapa bulan lalu, keduanya sudah mengumumkan niat pensiun akhir musim ini. Laga kontra Freiburg di Allianz Arena menjadi penutup sempurna perpisahan mereka.

Baca Juga:

Bayern menang 4-1. Xabi menandakan partai pamungkas ini dengan sebuah assist untuk gol pertama Bayern lewat aksi khas Arjen Robben (menit ke-4).

Pasukan Carlo Ancelotti menuntaskan musim dengan raihan 82 poin. Sebagai kampiun yang telah dipastikan sejak pekan ke-31, mereka unggul dengan surplus 15 poin di atas tim runner-up, RB Leipzig.

Bayern, Borussia Dortmund, dan Hoffenheim tercatat sebagai tiga tim yang tak pernah menderita kekalahan di kandang musim ini.

2. Aubameyang resmi raja gol


Striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski (kiri), dan penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, bersaing ketat di pekan terakhir dalam jalur persaingan raja gol Bundesliga 2016-2017.(PATRIK STOLLARZ, ODD ANDERSEN / AFP)

Jika persaingan di jalur juara bukan lagi sorotan di akhir musim, kesengitan muncul soal perebutan takhta raja gol kompetisi.

Striker Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, akhirnya menyalip bomber Bayern, Robert Lewandowski, pada saat-saat terakhir.

Aubameyang mencetak dua gol saat timnya menekuk Bremen 4-3, sedangkan rekening Lewandowski nihil ke gawang Freiburg.

Dengan demikian, Aubameyang berhak menjadi top scorer dengan 31 gol, unggul tipis saja sebiji di atas Lewandowski (30 gol).

3. Dortmund ke fase grup Liga Champions

Borussia Dortmund akhirnya mencapai target mereka untuk lolos ke fase grup Liga Champions 2017-2018. Tiket itu diperoleh dengan finis di posisi ketiga.

Kemenangan atas Bremen mendongkrak perolehan Aubameyang cs menjadi 64 poin. Mereka di bawah Bayern (82) dan Leipzig (67).

Tiga tim teratas lolos langsung ke tahap grup, sedangkan Hoffenheim (peringkat ke-4) harus lebih dulu melalui babak play-off.


Editor : Beri Bagja
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.