Soal Sebaran Gol, CR7 Lebih Stabil Ketimbang Lionel Messi

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 28 Maret 2017 | 08:14 WIB
Ikon Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Real Betis dalam pertandingan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada 12 Maret 2017.
GERARD JULIEN/AFP
Ikon Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Real Betis dalam pertandingan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada 12 Maret 2017.

Dua penyerang ikon La Liga, Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Lionel Messi (FC Barcelona), masih bersaing adu ketajaman di La Liga. Catatan gol mereka berdua pada musim 2016-2017 pun menunjukkan kecenderungan bertolak belakang.

Saat ini, Ronaldo mengoleksi 19 gol, sementara Lionel Messi mengemas 25 gol.

Namun, Ronaldo unggul dari segi konsistensi ketimbang rivalnya tersebut. Setidaknya, jika melihat dari persebaran gol kedua pemain sampai pekan ke-28 La Liga.

Sebaran gol Ronaldo lebih merata, baik pada babak pertama dan kedua. Penyerang asal Portugal itu mencetak 10 gol pada babak pertama dan sembilan gol pada babak kedua.

Bila diuraikan lagi, periode terproduktif Ronaldo adalah pada menit ke-16 hingga ke-30 dan ke-76 hingga ke-90. Pada dua interval tersebut, Ronaldo masing-masing mencetak lima gol.

Baca Juga:

Lalu, bagaimana dengan Lionel Messi? Bila Ronaldo sanggup mencetak gol baik pada babak pertama dan babak kedua, Messi lebih suka menjebol gawang lawan pada babak kedua.

Dari 25 golnya musim ini, 64 persen alias 16 di antaranya terjadi pada babak kedua. Tercatat, pemain asal Argentina tersebut hanya sembilan kali mencetak gol pada babak pertama.

Periode terproduktif Messi ada antara menit ke-46 hingga 60. Dia mencetak delapan gol pada interval tersebut.

Seperempat jam terakhir laga juga menjadi salah satu periode favorit pemain berjulukan La Pulga tersebut. Enam kali dia mencatatkan namanya ketika pertandingan sudah melewati menit ke-75.

Meski kalah soal sebaran gol, Messi unggul di aspek lain. Barcelona tidak pernah kalah ketika dia mencetak gol. Di sisi lain, Ronaldo dua kali merasakan golnya jadi sia-sia karena Real Madrid akhirnya kalah.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : transfermarkt, Opta


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.