Pemain Asing di Liga Indonesia: Tarkam Juga Dilakoni

By Kamis, 23 Maret 2017 | 23:01 WIB
Striker tim nasional Indonesia, Cristian Gonzales.
DOK JUARA.NET
Striker tim nasional Indonesia, Cristian Gonzales.

Gaji telat dibayarkan, pemain asing pun menyerbu kampung-kampung di Nusantara. Mereka rela bermain tarikan kampung (tarkam) demi menjaga api dapur tetap menyala.

Penulis: Gonang Susatyo/Andrew Sihombing

Ini terjadi saat kompetisi Indonesia terbelah. Selain Liga Super Indonesia (LSI), ada Liga Prima Indonesia (LPI) yang merupakan kompetisi resmi. Saat klub-klub LPI krisis, pemain asing memilih tarkam dengan bayaran Rp2-Rp3 juta sekali main.

Tidak jarang mereka menawarkan satu paket seperti duo Persiba Bantul, Ezequiel Gonzalez (Argentina) dan Eduardo Bizarro (Brasil).

Sekali tampil mereka mendapat Rp 5 juta. Pemain asing yang tak lagi mendapat klub pun akhirnya harus tarkam. Terutama setelah ada regulasi klub kasta kedua tidak boleh menggunakan pemain asing.

Tak heran bila para mantan bintang Liga Indonesia seperti Ronald Fagundez (Uruguay), Herman Dzumafo (Kamerun), Bruno Casmir (Kamerun), Mamadou Al Hadji (Mali), sampai Jean Paul Boumsong (Kamerun) pernah bermain di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

Tidak hanya di sekitar Pulau Jawa, "wilayah jajahan" pemain asing di partai tarkam bahkan bisa mencapai daerah yang tidak dikenal dengan kultur sepak bola kuat.

Akhir September 2016 misalnya, Roberto Kwateh dan Patricio Jimenez dibayar untuk tampil memperkuat Mamuju Utama dalam Turnamen Segitiga Mamuju.

Baca Juga:

Ketika itu, Patricio yang sudah berusia 40 tahun bahkan menjadi idola penonton lewat aksi memikat di sisi kiri permainan. Hanya, pada turnamen yang sama, Kwateh justru menjadi bulan-bulanan cemoohan penonton akibat penampilan yang buruk.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.