Bule Asal Inggris Samakan Persib dengan Newcastle United

By Segaf Abdullah - Kamis, 16 Februari 2017 | 20:01 WIB
Antony Sutton saat menandatangani bukunya yang bertajuk 'Sepakbola: The Indonesian Way of Life' di Filosofi Kopi, Melawai, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Antony Sutton saat menandatangani bukunya yang bertajuk 'Sepakbola: The Indonesian Way of Life' di Filosofi Kopi, Melawai, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Indonesia yang bukan bangsa pembaca tidak lantas mengurungkan niat Antony Sutton (52) untuk meluncurkan buku berjudul Sepakbola: The Indonesian Way of Life. Salah satu tulisan pria asal Inggris ini, soal persamaan Persib dan Newcastle United. 

Sebelum resmi merilis buku tersebut ke pasaran, Rabu (15/2/2017), Antony Sutton lebih dahulu melakukan survei terhadap minat membaca orang Indonesia.

Hasilnya, data yang dia temukan pun dipastikan tidak ingin didengar setiap penulis yang berorientasi pada jumlah pembaca.

"Saya menemukan bahwa rata-rata rakyat Indonesia hanya membaca 27 halaman per tahun!" tutur Sutton dalam peluncuran bukunya di Filosofi Kopi, Melawai, Jakarta Selatan.

"Saya tidak boleh memiliki klub favorit di Indonesia. Soalnya, klub kesayangan itu layaknya istri, anda tidak boleh punya dua."

Penulis Buku Sepakbola: The Indonesian Way of Life, Antony Sutton.

Akan tetapi, data minimnya minat membaca di Indonesia berbanding terbalik dengan antusiasme menyoal berbicara atau menonton sepak bola. Maka, celah itu yang ingin disasar Sutton dengan bukunya tersebut.

"Saya berharap buku ini bisa meningkatkan minat membaca. Saya yakin orang Indonesia tahu apa yang harus mereka lakukan terhadap sepak bola," ucap bule kelahiran London, Inggris itu.

Sutton telah 15 tahun tinggal di Indonesia. Fans Arsenal ini beristrikan orang Indonesia dan telah dikaruniai seorang anak.

Sebelumnya, Sutton sempat pula tinggal di negara Asia lain seperti Bangladesh dan Thailand. Namun, tidak dalam waktu lama seperti di Indonesia.

Selama di Indonesia, boleh dibilang Sutton sudah cukup kenyang mengikuti sepak bola nasional. Namun, dia menegaskan tetap loyal dengan Arsenal.

Baca juga:


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.