Menanti Bale Pesta di Rumah

By Rabu, 15 Februari 2017 | 11:47 WIB
Penyerang Tottenham, Gareth Bale, merayakan gol kedua Spurs ke gawang Liverpool pada laga Premier League antara Spurs dan Liverpool di White Hart Lane, London, pada 28 November 2012.
JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES
Penyerang Tottenham, Gareth Bale, merayakan gol kedua Spurs ke gawang Liverpool pada laga Premier League antara Spurs dan Liverpool di White Hart Lane, London, pada 28 November 2012.

Selalu ada yang pertama. Pertanyaannya, siapa dan kapan? Mampukah Real Madrid menjadi yang pertama pada Juni mendatang?

Penulis: Riemantono Harsojo

Sejak diperkenalkan pada tahun 1992 untuk menggantikan European Champions Cup, UEFA Champions League (UCL) belum melahirkan tim juara yang mampu mempertahankan gelar di musim berikutnya.

Sejak 25 tahun lalu, ada empat klub yang tinggal sedikit lagi berhasil kembali mengangkat trofi Si Kuping Besar seperti setahun sebelumnya. Namun, empat klub itu selalu gagal.

Setelah juara musim 1993-1994, impian Milan digagalkan Ajax pada 1994-1995. Semusim berikutnya, Ajax gagal mengulang kesuksesan setelah takluk dari Juventus di partai puncak. Setelah itu, giliran Juve yang gagal di langkah terakhir.

Setelah menjadi pemenang di musim 2007/08, Manchester United mencoba mengulang kejayaan, tapi Barcelona lebih baik dari Iblis Merah di final 2008-2009. Sejak era Liga Champion, Real Madrid telah empat kali menjadi kampiun, yakni pada musim 1999/00, 2001/02, 2013/14, dan 2015/16.

Semusim setelah juara, jangankan mempertahankan gelar, melangkah sampai ke pertandingan final pun tidak pernah mampu dilakukan Madrid. Yang menarik, Los Blancos selalu mentok di babak semifinal. Bahkan pada semifinal musim 2002/03 dan 2014/15, klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu selalu dikalahkan Juventus.

Mampukah Madrid kembali menembus babak semifinal dengan kali ini memenanginya lalu berjaya di partai puncak yang dimainkan di Stadion Millennium, Cardiff, Wales, pada 3 Juni?

Gareth Bale paling termotivasi untuk mencapai itu. Siapa yang tidak mau pesta di rumah sendiri setelah mencetak rekor? Cardiff adalah rumah sang sayap. Dia dilahirkan di sana pada 16 Juli 1989.

"Dapat bermain di partai final Liga Champion yang dimainkan di kota asal jelas memperbesar motivasi," kata Bale pada awal musim. Namun, Bale sekarang belum bisa membantu timnya karena masih belum dalam kondisi 100 persen fit setelah menderita cedera engkel.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X