Penonton Tak Ingin Sang Gladiator Berhenti

By Kamis, 29 September 2016 | 23:58 WIB
Penyerang FC Barcelona, Lionel Messi (kiri), berpose bersama gelandang AS Roma, Francesco Totti.
DOK INSTAGRAM @LEOMESSI
Penyerang FC Barcelona, Lionel Messi (kiri), berpose bersama gelandang AS Roma, Francesco Totti.

Francesco Totti adalah pemain luar biasa. Sudah tua, genap berusia 40 tahun pada 27 September lalu, il capitano Roma itu masih penting untuk tim. Totti terlibat dalam empat dari delapan gol yang dicetak Roma pada empat partai terakhir di Serie A, yakni dua gol penalti dan dua assist.

Penulis: Riemantono Harsojo

Total, Totti mencetak 250 gol dari 605 penampilan dalam 25 musim di Serie A bersama Roma. Pelatih legendaris Italia, Arrigo Sacchi, sampai menyamakan Totti dengan legenda basket Michael Jordan dalam hal presisi. Totti dikagumi banyak orang, termasuk sang megabintang Lionel Messi.

"Saya selalu mengagumi Anda dan semakin kagum pada hari ketika bertemu Anda," kata pemain terbaik dunia itu dalam video ucapan selamat ulang tahun untuk Er Pupone.

Penulis di Football Italia, Andrea Tallarita, menyebut Totti sebagai gladiator terakhir. Gladiator adalah petarung bersenjata yang melakukan pertarungan untuk menghibur para penonton di masa Kekaisaran Romawi. Sekarang, para penonton tak ingin gladiator bernama Totti berhenti beraksi.

"Teruslah berlanjut. Kami ingin melihat kamu melakukan keajaiban di lapangan," kata eks pelatih Inter dan Manchester City, Roberto Mancini, dalam ucapan selamat ulang tahunnya.

Sementara itu legenda Milan, Paolo Maldini, berkata: "Francesco, teruslah bersenang-senang dan menghibur kami."

Seperti Matthews

Pertanyaannya, jika Totti masih hebat dan dikagumi, kenapa pelatih Roma, Luciano Spalletti, tidak selalu memasangnya? Ini yang menjadi perdebatan. Sampai ada yang menyebut Totti diperlakukan secara tidak pantas oleh pelatih karena penampilannya dibatasi.

Pada enam pekan pertama Serie A musim ini, Totti hanya bermain empat kali. Ia tiga kali menjadi pemain pengganti dan cuma sekali bermain penuh, yaitu kala Roma bertemu Crotone, Rabu (21/9/2016). Itulah penampilan penuh pertama Totti bersama I Lupi sejak Mei 2015.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X