Stadion Siliwangi, Simbol Perjuangan Rakyat dan Klub Pasundan

By Kamis, 29 September 2016 | 12:35 WIB
Pemandangan dari lapangan di Stadion Siliwangi sehari sebelum laga Persib kontra Bali United pada Jumat (12/2/2016).
BUDI KRESNADI/BOLA/JUARA
Pemandangan dari lapangan di Stadion Siliwangi sehari sebelum laga Persib kontra Bali United pada Jumat (12/2/2016).

Stadion Siliwangi tampak riuh ketika hadir di sana pada Selasa (27/9/2016). Ya, stadion yang cukup tua di Bandung itu digunakan untuk pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jabar. Ada cabang kriket, boling, tenis, dan biliar yang memainkan laganya di sana.

Penulis: Fery Tri Adi

Sudah lama rasanya tak melihat Stadion Siliwangi seramai itu, khususnya jika menyangkut pertandingan sepak bola.

Terakhir kali stadion milik Kodam III/Siliwangi itu ramai oleh suporter sepak bola ialah ketika menjadi kandang sementara PS TNI pada awal pergelaran Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016.

Tim yang punya “ikatan darah” dengan Stadion Siliwangi, Persib, malah sudah tak melirik lagi rumah lamanya itu karena kapasitasnya tak cukup menampung bobotoh.

Terakhir kali Persib main di sana ialah pada laga persahabatan Februari silam.

Stadion yang kini menjadi pusat pembinaan jasmani Kodam III/Siliwangi itu menjadi saksi bisu naik-turun prestasi skuat Maung Bandung.

Namun, sejak Persib pindah kandang ke Stadion Si Jalak Harupat atau Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Siliwangi tampak sepi. Hanya acara sporadis dan SSB Siliwangi yang mengisi keriuhan di sana.

“Semenjak Persib sudah tidak lagi berkandang di sini, Stadion Siliwangi dipakai untuk pembinaan jasmani militer atau swasta. Kadang juga buat acara seperti konser. Yang rutin memakai paling cuma SSB Siliwangi, yang berdiri pada 2013,” ujar Bambang Wahyudi, yang mengelola Stadion Siliwangi sejak 1998 hingga kini.

Baca Juga:


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.