Deretan Pendahulu Andre Gomes sebagai Pemain asal Portugal yang Berseragam Barcelona

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 23 Juli 2016 | 22:41 WIB
Gelandang Portugal, Andre Gomes, saat tampil melawan Austria di Euro 2016, di Parc des Princes, 18 Juni 2016.
MARTIN BUREAU/AFP
Gelandang Portugal, Andre Gomes, saat tampil melawan Austria di Euro 2016, di Parc des Princes, 18 Juni 2016.

FC Barcelona telah mencapai kesepakatan untuk memboyong Andre Gomes dari Valencia, Kamis (21/7/2016) waktu setempat. Dengan begitu gelandang berusia 22 tahun ini akan menjadi pemain ketujuh asal Portugal yang bermain di Barcelona sepanjang sejarah negara tersebut.

Situs resmi Barcelona memastikan penuntasan perekrutan dan Gomes secara resmi akan diperkenalkan sebagai pemain baru pekan depan.

Barcelona tidak mengungkapkan detail kesepakatan transfer yang dicapai bersama Valencia. Namun, Gomes diyakini akan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan nilai transfer sebesar 50 juta euro atau Rp 719,4 miliar.

Gomes akan menjadi penerus pendahulunya asal Portugal yang pernah berseragam Barcelona. Enam pendahulu Gomes, yakni Luis Figo, Vítor Baía, Fernando Couto, Simao Sabrosa, Ricardo Quaresma, dan Deco.

Berikut enam pemain asal Portugal yang pernah berseragam Barcelona:


Luis Figo saat beraksi dan masih berseragam Barcelona pada 18 April 2000 di Camp Nou.(CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Luis Figo: 1995-2000

Figo pernah berseragam Barcelona dengan catatan penampilan sebanyak 249 dan mengoleksi 45 gol pertandingan resmi.

Selama di Barcelona, Figo berhasil memenangi enam gelar. Namun, ia menjadi pemain yang dianggap sebagai pengkhianat oleh fans Barcelona setelah memutuskan langsung menyeberang ke Real Madrid pada 2000.


Vitor Baia melakukan selebrasi setelah Barcelona menjuarai Piala Winner dengan mengalahkan Paris Saint-Germain di Rotterdam dengan skor 1-0 pada 14 Mei 1997. (STU FORSTER/GETTY IMAGES)

Vitor Baia: 1996-1999

Selama di Barcelona, Baia memainkan 55 laga dan memenangi enam gelar. Ia adalah satu-satunya kiper asal Portugal yang bisa berseragam Barcelona sejauh ini.

Ia didatangkan ke Barcelona sebelum musim 1996/1997 dari Porto. Pada 1999 ia akhirnya memutuskan untuk kembali ke Porto.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Barcelona


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.