Giovane Elber: Perlu Keberanian untuk Menjadi Pesepak Bola

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 28 Mei 2016 | 12:34 WIB
Giovane Elber menjawab pertanyaan dari wartawan JUARA.net dan Tabloid BOLA di Jakarta, 28 Mei 2016
WESHLEY HUTAGALUNG/JUARA.NET
Giovane Elber menjawab pertanyaan dari wartawan JUARA.net dan Tabloid BOLA di Jakarta, 28 Mei 2016

Mantan penyerang FC Bayern Muenchen, Giovane Elber membagikan pengalamannya sebagai pesepak bola profesional. Pemain berusia 43 ini mengatakan, seorang pesepak bola harus punya keberanian. 

Elber berkunjung ke Jakarta dalam acara Allianz Junior Football Camp di Kuningan, Jakarta. Pemain asal Brasil tersebut menceritakan bahwa awal kariernya bersama juara Bundesliga itu tidak mudah.

"Musim pertama saya di Bayern bisa dikatakan tidak istimewa. Baru pada musim kedua hingga kelima saya menemukan permainan terbaik saya," kata Elber.

Sosok yang mencetak 138 gol untuk klub berjulukan Die Roten itu meninggalkan kampung halamannya di Londrina, Brasil, untuk merumput bersama AC Milan. Namun, di klub Serie A tersebut dia tidak mendapat kesempatan berkembang.

Baru ketika merumput di klub Liga Swiss, Grasshopper Zurich FC, Elber menunjukkan talenta yang mengantarnya ke VfB Stuttgart sebelum bergabung ke Bayern Muenchen.

Menurut Elber, keputusannya pergi dari Londrina menjadi kunci kesuksesannya.

Baca Juga:

"Seorang pesepak bola harus punya banyak keberanian. Kalau waktu itu saya takut untuk meninggalkan Brasil, belum tentu saya bisa seperti sekarang," kata Elber.

Menilik pencapaiannya sebagai pesepak bola profesional, kata-kata Elber beralasan.

Bersama FC Bayern, Elber merasakan empat kali juara Bundesliga, tiga kali juara DFB Pokal, satu trofi Liga Champions dan satu Piala Interkontinental.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X