Siapa Bilang Luis Enrique Tak Sebagus Pep Guardiola?

By Minggu, 29 Mei 2016 | 13:08 WIB
Rekor fantastis Pep Guardiola di dua musim perdananya, berhasil disamai oleh Luis Enrique. D
ANIEL KOPATSCH/GETTY IMAGES, RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES
Rekor fantastis Pep Guardiola di dua musim perdananya, berhasil disamai oleh Luis Enrique. D

Pencapaian Pep Guardiola saat menjabat pelatih Barcelona layak dikategorikan legendaris. Selain menciptakan skema sepak bola indah berlabel tiki-taka, el Pep’s team juga sukses meraih trofi demi trofi.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Dalam rentang empat musim di kursi entrenador Camp Nou (2008-2012), Pep berhasil menyabet 14 trofi.

Catatan yang melewati rekor 13 trofi milik mendiang Johan Cruyff itu semula dianggap bakal sulit dipecahkan, bahkan untuk sekadar disamai oleh para penerus Pep.

Almarhum Tito Vilanova bersama asistennya, Jordi Roura, pada 2012/13, yang disusul Gerardo “Tata” Martino pada 2013/14, memang terbukti gagal.

Di dua musim tersebut, Barca “cuma” kebagian dua gelar. Tito dan Roura menyumbangkan titel La Liga, sedangkan Tata memberikan trofi Supercopa de Espana.

Kombinasi pencapaian mereka dalam dua musim bahkan tak sampai sepertiga dari total silverware yang dikumpulkan Pep dalam rentang waktu yang sama.

Baca Juga:

Ya, Pep mengontribusikan tujuh gelar saat menyudahi dua musim pertamanya.

Treble berupa La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champion di 2008/09, disusul Supercopa, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub, dan La Liga di 2009/10.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.668


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.