'The Next' Paul Scholes Selamatkan Kariernya Sendiri

By Jumat, 29 April 2016 | 15:45 WIB
Penyerang Manchester United, Wayne Rooney, dalam laga Premier League kontra Crystal Palace di Old Trafford, 20 April 2016.
ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES
Penyerang Manchester United, Wayne Rooney, dalam laga Premier League kontra Crystal Palace di Old Trafford, 20 April 2016.

Wayne Rooney akhirnya telah menerima nasib. Selepas laga kemenangan 2-1 atas Everton di semifinal Piala FA, Sabtu (23/4/2016), kapten Manchester United itu mendeklarasikan dirinya sebagai gelandang, bukan lagi striker.

Penulis : Theresia Simanjuntak

Sejak kembali dari cedera, Rooney sering diplot sebagai gelandang serang oleh Manajer Louis van Gaal.

Sebelum gim kontra Everton, pemain berusia 30 tahun itu memerankan peran tersebut melawan Aston Villa (16/4/2016) dan Crystal Palace (20/4/2016) di Premier League.

Sesungguhnya, gelandang bukan peran yang asing bagi Rooney. Jauh sebelum Van Gaal, Sir Alex Ferguson lebih dulu memaksa Rooney bermain lebih ke dalam pada 2011-2012 gara-gara United krisis awak lini tengah.

Sir Alex memahami potensi Rooney sebagai gelandang. Salah satu kualitas Rooney yang dipuji legenda asal Skotlandia itu adalah akurasi operan.

Meski mendapat apresiasi, Rooney rupanya tidak senang dengan putusan Sir Alex. Ketika sang manajer pensiun pada akhir 2012-2013, Rooney mengakui hubungannya dengan Sir Alex memburuk karena pergeseran peran tersebut.

"Semua di United tahu di mana saya ingin bermain. Karena itu, saya kecewa diperintahkan bermain di lini tengah. Saya tidak mau," kata Rooney pada Oktober 2013.

4 - Jumlah tembakan yang dilepaskan Wayne Rooney sepanjang duel lawan Everton.

Rooney mau tidak mau perlu berterima kasih pada Sir Alex. Peran gelandang sepertinya bisa menyelamatkan karier ayah tiga putra itu, baik di United maupun tim nasional Inggris.

Marcus Rashford saat ini sedang dipercaya sebagai ujung tombak United gara-gara rutinitas mencetak gol yang ia lakukan selama Rooney absen.

Van Gaal enggan merusak momentum Rashford sehingga memutuskan Rooney beraksi di lini tengah.

Posisi gelandang tidak menghambat ruang gerak. Sebaliknya, ia masih dapat menebar teror di pertahanan lawan sekaligus membantu pertahanan tim sendiri.

Partai kontra Everton bukti aktual. Rooney masih dapat berkontribusi di lini serang (4 tembakan, 2 umpan kunci), tapi bisa terlibat di pertahanan.

Ia melepas sapuan di tepi garis gawang David De Gea guna membuang tembakan striker The Toffees, Romelu Lukaku.

[video]http://video.kompas.com/e/4859510056001_ackom_pballball[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.664


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.