Soal Penalti Unik, Messi Bukanlah yang Pertama

By Nugyasa Laksamana - Senin, 15 Februari 2016 | 17:08 WIB
Luis Suarez (kedua dari kiri) saat mencetak hat-trick untuk Barcelona setelah menerima umpan penalti dari Lionel Messi saat menghadapi Celta Vigo dalam lanjutan pertandingan La Liga 2015-2016 di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, pada Minggu (14/2/2016).
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Luis Suarez (kedua dari kiri) saat mencetak hat-trick untuk Barcelona setelah menerima umpan penalti dari Lionel Messi saat menghadapi Celta Vigo dalam lanjutan pertandingan La Liga 2015-2016 di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, pada Minggu (14/2/2016).

Penalti unik yang dilakukan Lionel Messi pada laga Barcelona Vs Celta Vigo pada Minggu (14/2/2016), cukup menarik perhatian. Namun, apakah ada pemain selain Messi yang pernah melakukan hal serupa?

Menurut Wikipedia, penalti yang dilakukan oleh Messi itu mempunyai istilah khusus, yaitu Tap Penalty. Makna dari Tap Penalty adalah penalti yang dilakukan oleh dua orang, yakni antara eksekutor penalti dan rekan setimnya.

Eksekutor tidak langsung melepas tendangan ke arah gawang, tetapi menyontek bola dengan pelan ke arah depan, sehingga rekan setimnya bisa langsung menyambarnya.

Messi pun bukan yang perdana melakukannya. Legenda sepak bola Belanda dan juga eks Barcelona, Johan Cruyff, pernah melakukan penalti unik bersama rekannya, Jesper Olsen, saat keduanya memperkuat Ajax Amsterdam pada 1982.

Serupa dengan Messi, metode penalti yang dilakukan Cruyff mengundang aneka respons. Bahkan, kepopuleran penalti itu membuat orang-orang menyebutnya dengan istilah Cruyff Style.

Selain Messi dan Cruyff, pemain yang pernah melakukan Tap Penalty adalah Robert Pires saat masih mempekuat Arsenal pada musim 2005-2006. Berbeda dengan Messi dan Cruyff yang berhasil, Pires dan Thierry justru gagal melakukannya.

Kala itu, Pires mencoba melakukannya bersama Henry. Namun, sodoran Pires terlalu lemah dan tidak menjauhkan bola dari titik penalti. Alhasil, Pires tidak bisa menyentuh bola hingga ada pemain lain yang menyentuhnya.

Eksekusi penalti unik seperti itu juga pernah diperagakan oleh legenda tim nasional Belgia, Rik Coppens, pada 5 Juni 1957. Saat itu, Coppens bekerja sama dengan rekannya, Andre Piters.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.