Bedah Strategi Arsenal dan Leicester City, Siapa Lebih Efektif?

By Sabtu, 13 Februari 2016 | 14:05 WIB
Para pemain Arsenal merayakan gol Calum Chambers (21) ke gawang Burnley pada babak keempat Piala FA di Stadion Emirates, Sabtu (30/1/2016).
GLYN KIRK/AFP
Para pemain Arsenal merayakan gol Calum Chambers (21) ke gawang Burnley pada babak keempat Piala FA di Stadion Emirates, Sabtu (30/1/2016).

Leicester City menggebrak Premier League dengan gaya serangan balik beringas nan efektif. Arsenal memangkas jalan menuju papan atas Premier League dengan permainan possession berdasarkan speed of thought (kecepatan berpikir) dan pergerakan pemain bak kilat. Pertemuan keduanya pada Minggu (14/2/2016) akan menarik secara taktis.

Leicester City mendulang sukses mereka dari memerangkap tim-tim lawan yang menyerang.

Melalui kecepatan lini tengah dan depan pasukan Leicester, para tim yang memburu gol kontra Leicester berganti menjadi tim yang diburu.

Pasukan Claudio Ranieri adalah antithesis dari sepak bola tiki-taka Barcelona. Leicester hanya mempunyai rataan possesion 40,8 persen musim ini, terendah ketiga di Premier League setelah Sunderland dan West Brom.

Gabungkan angka tersebut dengan fakta bahwa Leicester adalah tim tersubur di Premier League bersama Manchester City, maka jelas sang pelatih menitik beratkan operan ke depan nan menentukan.

Para pemain tak perlu berlama-lama dengan bola, asalkan si kulit bundar bisa mengalir menuju lini depan.

Menjaga pemain Leicester pun tak mudah, Marc Albrighton di sisi sayap kiri bisa menusuk ke dalam atau mengambil jalur luar, gelandang tangguh N'Golo Kante juga mampu melewati lawan. 

Belum lagi membicarakan duo licin Jamie Vardy dan Riyad Mahrez.

"Dansa" Mahrez untuk melewati penjagaan bek City saat ia mencetak gol dalam kemenangan 3-1 di Stadion Etihad akhir pekan lalu adalah satu dari 15 trick dengan bola yang telah pasukan Leicester lakukan musim ini, tertinggi ketiga setelah Arsenal (20) dan Everton (17).


Gelandang Leicester City, Riyad Mahrez, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester City pada laga lanjutan Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (6/2/2016).(ADRIAN DENNIS/AFP)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X