Catatan Minim Cedera di Balik Kesuksesan Napoli

By Anju Christian Silaban - Minggu, 7 Februari 2016 | 06:51 WIB
Para pemain Napoli merayakan gol pembuka ke gawang Frosinone, 10 Januari 2016.
Paolo Bruno/Getty Images
Para pemain Napoli merayakan gol pembuka ke gawang Frosinone, 10 Januari 2016.

 Kesuksesan Napoli memuncaki klasemen sementara Serie A tak cuma dilatari oleh performa konsisten. Pasukan Maurizio Sarri juga didukung staf medis yang piawai meminimalisir cedera.

Berdasarkan rekaman La Gazzetta dello Sport hingga pekan ke-23, para pemain I Partenopei cuma mengalami empat kali. Ini merupakan jumlah paling rendah dibandingkan 19 kontestan lainnya.

Raul Albiol, Marek Hamsik, dan Gonzalo Higuain tak masuk daftar tersebut. Tiga nama terakhir merupakan pemain non-kiper yang selalu diturunkan sebagai starter dalam 23 pertandingan Serie A 2015-2016.

Bandingkan dengan Juventus yang cuma terpaut dua poin dari Napoli di klasemen sementara. Anak-anak asuh Massimiliano Allegri diterpa 33 kali cedera atau menjadi yang tertinggi di antara semua peserta.

Sejumlah pemain kunci seperti Giorgio Chiellini, Sami Khedira, dan Mario Mandzukic masuk dalam daftar cedera I Bianconeri. Ketiganya dipastikan absen saat Juventus bertandang ke markas Frosninne, Minggu (7/2/2016).

Apabila ditelaah lebih jauh, cedera paha merupakan momok untuk para pemain Serie A. Total 145 cedera menyerang bagian ini.


(La Gazzetta dello Sport )

Di balik layar

Sebenarnya, sulit bagi Napoli untuk menghindari badai cedera. Total 25 pemain mereka tak cuma berkiprah di liga, tetapi juga di Coppa Italia dan Liga Europa.

Lebih dari itu, taktik yang diperagakan Sarri tergolong menguras stamina. Menurut catatan Lega Serie A, rata-rata jarak yang ditempuh pemain Napoli mencapai 107,2 kilometer. Catatan ini mengungguli 19 peserta liga lainnya.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Transfermarkt, La Gazzetta dello Sport, Lega Serie A


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X