Benarkah Cristiano Ronaldo Menurun di Usia 31 Tahun?

By Beri Bagja - Sabtu, 6 Februari 2016 | 07:40 WIB
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Espanyol dalam partai La Liga, 31 Januari 2016.
DENIS DOYLE/GETTY IMAGES
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Espanyol dalam partai La Liga, 31 Januari 2016.

Cristiano Ronaldo merayakan hari ulang tahun ke-31 pada Jumat (5/2/2016). Benarkah megabintang Real Madrid itu sudah terlihat menurun seturut pertambahan usia?

Kecuali gelar di tim nasional, Cristiano Ronaldo bisa dibilang telah meraih segalanya.

Total 16 trofi level klub dan tiga gelar PemainTerbaik Dunia menghiasi perjalanan karier pemain Portugal kelahiran 5 Februari 1985 itu.

Lima hari sebelum perayaan ulang tahunnya, CR7 mengukir hattrick ke gawang Espanyol dalam lanjutan La Liga (31/1/2016).

Ia juga masih memuncaki daftar raja gol sementara bersama penyerang Barcelona, Luis Suarez. Keduanya sama-sama mengumpulkan 19 gol.

Banyak kalangan memprediksi masih banyak pencapaian, prestasi, dan rekor-rekor lain yang bakal dipecahkan Ronaldo beberapa tahun mendatang.

"Dia masih punya beberapa tahun untuk memberikan yang terbaik di level tertinggi." Begitu tulis media Inggris, Daily Mail.

Ketajaman Ronaldo memang seperti belum meluntur. Namun, sudah terendus gejala penurunan kinerja sang bintang. Hal itu wajar karena fisik seseorang tidak bisa digeber terus-menerus.

Ronaldo bak robot lantaran selalu tampil minimal 30 partai di liga dalam lima musim sebelumnya. CR7 juga selalu bermain penuh musim ini.

Di balik kestabilan tersebut, Sky Sports dan Opta menyajikan statistik bahwa Ronaldo terus mengurangi frekuensi daya jelajah serta sprint di lapangan seturut pertambahan usia.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Sky Sports, Opta


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.