Geliat Sepak Bola China, Bermula dari Xi Jinping (Bagian 1)

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 6 Februari 2016 | 09:20 WIB
Xi Jinping bermain sepak bola di Croke Park, Dublin, 19 Februari 2012. Ketika itu, dia masih menjabat sebagai Wakil Presiden China.
PETER MUHLY/AFP
Xi Jinping bermain sepak bola di Croke Park, Dublin, 19 Februari 2012. Ketika itu, dia masih menjabat sebagai Wakil Presiden China.

 Sepak bola tidak pernah mendapatkan tempat spesial di China. Sekalipun David Beckham berkunjung ke Beijing pada Maret 2013, publik masih ada yang mencela.

Sebuah pertanyaan besar tertuju kepada Beckham yang ditunjuk sebagai duta sepak bola Negeri Tirai Bambu.

Untuk apa Beckham memperkenalkan sepak bola di sana? Bukankah China dikenal sebagai leluhur si kulit bundar? Di sana, masyarakat telah memainkan bola dengan sebutan tsu chu sejak 206 SM.

Pengalaman aneh dirasakan mantan bintang Manchester United tersebut. Beijing Shi-Jia Primary menjadi sekolah pertama yang dikunjungi Beckham, Namun, menurut Guardian, sekolah tersebut tak mengizinkan murid-muridnya bermain sepak bola.

Kejanggalan ini coba dijelaskan oleh Ma Dexing selaku Pemimpin Redaksi Titan Sports, media olahraga populer di China. Bagi sebagian besar orang tua, sepak bola adalah kegiatan berbahaya.

"Mereka hanya meminta anak-anak bermain sepak bola saat ada tamu penting datang. Setelah tamu pergi, mereka tidak melakukan apa-apa," kata Ma Dexing.

Minimnya minat anak muda terhadap sepak bola turut dirasakan Sven-Goran Eriksson, ketika ditunjuk sebagai pelatih Guangzhou R&F tiga bulan setelah kedatangan Beckham. Dia mengaku heran melihat lahan kosong di China.

"Mereka tidak bermain sepak bola seperti yang dilakukan anak muda Manchester atau London di lapangan parkir. Ini masalah China. Tidak ada level akar rumput," tutur mantan pelatih tim nasional Inggris ini.

Jangankan membicarakan minat anak muda China untuk sepak bola. Bahkan, dikatakan pelatih asal Amerika Serikat, Trevor Lamb, sepak bola seperti monster di sana.

Lamb sempat memberikan pembinaan usia dini di klub semiprofesional China, Sinobal, selama dua tahun. Menurut pengalaman dia dia, anak muda menghabiskan tiga atau empat jam pada untuk belajar pada malam hari. Alhasil, tak ada waktu untuk sepak bola.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.