Panenka Ulas Beragam Sisi Trik Penalti Legendaris Ciptaannya

By Septian Tambunan - Rabu, 16 Desember 2015 | 13:05 WIB
Antonin Panenka menerima trofi Golden Foot Award dalam upacara penganugerahan Golden Foot Award 2014 di Sporting Club, Monte Carlo, Monaco, 13 Oktober 2014.
VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES
Antonin Panenka menerima trofi Golden Foot Award dalam upacara penganugerahan Golden Foot Award 2014 di Sporting Club, Monte Carlo, Monaco, 13 Oktober 2014.

Legenda hidup sepak bola dunia, Antonin Panenka (67), mengulas beragam sisi tentang trik penalti legendaris ciptaannya.

Tendangan tersebut menjadi terkenal setelah Panenka berhasil mengecoh kiper tangguh Jerman Barat, Sepp Maier, dalam final Euro 1976 pada babak adu penalti.

Aksinya semakin dramatis karena menjadi penentu juara bagi negaranya, Cekoslowakia.

Setelah hampir 40 tahun tenar  berkat triknya itu, Panenka tidak pernah merasa terbebani dengan keberhasilannya tersebut.

"Saya tidak pernah merasa kewalahan dengan semua itu, meskipun benar bahwa itu mengubah hidup saya. Akan tetapi, saya tidak pernah mencapai titik di mana saya merasa terganggu oleh perhatian yang saya terima," ujar bintang kelahiran Praha, Cekoslowakia, itu, dalam laman AS, Selasa (15/12/2015).

[video]http://video.kompas.com/e/4559164496001_v1_pjuara_auto[/video]

"Saya selalu menikmati ketika menjelaskan cara penalti ini dan saya benar-benar senang bahwa tahun depan trik saya akan berusia 40 tahun. Bahkan anak-anak yang masih terlalu muda untuk melihatnya langsung di televisi ikut berlatih di sekolah, dan masih membicarakannya," kata Panenka dengan bangga.

Gaya penalti Panenka akan berusia 40 tahun pada tanggal 20 Juni 2016. Ia pun mengungkapkan kalau teknik tersebut bukan merupakan keberuntungan melainkan buah dari kerja keras.

"Saya tidak pernah bisa bermimpi bahwa itu akan mencapai tingkat selebriti atau begitu terkenal di seluruh dunia," lanjutnya.

"Ini adalah teknik yang membutuhkan kerja keras dan banyak praktek di lapangan saat latihan, dan tentu saja, Anda harus sangat berani untuk mencoba tendangan seperti ini," jelas Panenka.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X