Konsep SAD Indonesia di Uruguay Juga Dilakukan China di Jerman

By Verdi Hendrawan - Jumat, 23 Juni 2017 | 01:01 WIB
Pendukung tim nasional China saat menyemangati tim kesayangkannya menghadapi Iran dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Azadi, Tehran, Iran, pada 28 Maret 2017.
ATTA KENARE / AFP
Pendukung tim nasional China saat menyemangati tim kesayangkannya menghadapi Iran dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Azadi, Tehran, Iran, pada 28 Maret 2017.

Konsep pembinaan pemain muda yang dilakukan PSSI di Uruguay bertajuk SAD Indonesia, ikut dilakukan Federasi Sepak Bola China (CFA). Mereka berencana melibatkan tim nasional U-20 mereka untuk bermain di Liga Jerman.

Hal ini dungkapkan langsung oleh pihak Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Timnas U-20 China direncanakan akan bermain di divisi Barat Daya Regionaliga atau kasta keempat Liga Jerman.

Hal ini dilakukan CFA sebagai bagian dari persiapan mereka dalam membentuk dan mematangkan permainan tim demi menghadapi Olimpiade 2020 di Jepang.

"Dari 19 klub yang ada di divisi Barat Daya Regionaliga telah memberi isyarat persetujuan bahwa tim China akan ambil bagian. Saya juga percaya bahwa proyek ini berada di jalur yang baik," kata Felix Wiedemann, Dewan Eksekutif Liga Jerman, kepada Bild.

Wakil Presiden DFB, Ronny Zimmermann, juga berharap kepastian dari proyek ini segera didapat dan berharap semuanya berjalan lancar.

"Kerja sama yang dilakukan dengan China bersifat publik dan tentu saja kami membutuhkan konten yang baik. Kami perlu melihat apakah gagasan tersebut bisa menjadi kenyataan," ucap Zimmermann kepada Kicker.

"Para pelatih dari divisi Barat Daya akan segera bertemu dan kami harus segera mendapat keputusan pada saat itu agar kami dapat menyusun jadwal pertandingan," ujarnya.

Baca Juga:

Sebagai kompensasi dari proyek ini, semua klub di divisi Barat Daya Regionaliga akan mendapat 15.000 euro (sekitar Rp 223 juta) karena mereka akan memainkan jumlah pertandingan lebih banyak.

Selain itu, hasil poin atau gol yang didapat klub-klub dari pertandingan menghadapi tim U-20 China itu juga tidak akan memengaruhi daftar klasemen liga.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Bild, Kicker, Associated Press


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.