Parlemen Basque Tolak Timnas Spanyol Jamu Lawan di San Mames

By Kamis, 22 Juni 2017 | 23:01 WIB
Pendukung Athletic Bilbao mendukung tim idolanya saat menjamu Barcelona pada pertemuan pertama 16 besar Copa del Rey 2016-2017 di San Mames, 5 Januari 2017.
JUAN MANUEL SERRANO ARCE/GETTY IMAGES
Pendukung Athletic Bilbao mendukung tim idolanya saat menjamu Barcelona pada pertemuan pertama 16 besar Copa del Rey 2016-2017 di San Mames, 5 Januari 2017.

BILBAO, JUARA.net – Timnas Spanyol terakhir kali menjamu lawannya di markas Athletic Bilbao, San Mames, pada 50 tahun silam. Kini, wacana La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, bermarkas di San Mames mendapatkan penolakan.

Komisi Kebudayaan dan Olahraga dari Parlemen Basque menolak mengundang La Furia Roja untuk pertandingan kandang mereka di Estadio San Mames.

Partai Rakyat (PP) dan Partai Sosialis Basque Country (PSE-EE) mendukung proposal kedatangan kembali timnas Spanyol di San Mames.

Sedangkan Partai Nasionalis Basque (PNV) dan partai sayap kanan, EH Bildu memberikan suara mereka untuk menentang hal itu. Satu partai lagi, Elkarrekin Podemos, tidak hadir dalam proses tersebut.

Baca juga:

Dalam upaya mendukung gerakan tersebut, anggota parlemen dari PP, Nerea Llanos, mengingatkan memori terakhir timnas Spanyol main di Bilbao pada 1967.

Dia mengklaim bahwa situasi saat itu panas karena sikap anti-Spanyol beberapa politisi yang merupakan sektarian dan datang dari abad lalu.

Di sisi lain, juru bicara PNV, Garbine Mendizabal, membenarkan penolakan tersebut atas inisiatif partainya. Mereka juga mengecam sikap PP.

”Mereka akan membawa Spanyol ke sini, yang bukan tim nasional kami,” tutur Mendizabal.

Sementara itu, Edurne García Larrimbe dari Elkarrekin Podemos, mengkritik PP. Mereka menilai partai itu penuh dengan kepura-puraan.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.