TOPIK TERPOPULER
Ekspresi Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Meksiko pada partai Piala Konfederasi di Kazan Arena, Minggu (18/6/2017).
YULI CORTEZ/AFP
Ekspresi Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Meksiko pada partai Piala Konfederasi di Kazan Arena, Minggu (18/6/2017).

Cristiano Ronaldo Selalu Seret Gol di Laga Perdana

KAZAN, JUARA.net - Cristiano Ronaldo masih saja susah mencetak gol pada laga perdana bersama timnas Portugal. Dia seperti meneruskan catatan jelek sejak 11 tahun terakhir di tim nasional.

Portugal hanya bermain imbang 2-2 melawan Meksiko pada pertandingan pertama Grup A Piala Konfederasi di Kazan Arena, Minggu (18/6/2017).

Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol dalam pertandingan tersebut. Dua gol timnya dilesakkan oleh Ricardo Quaresma dan Cedric Soares. Namun, Meksiko bisa membalas via Javier Hernandez dan Hector Moreno.

Tidak munculnya Ronaldo di daftar pencetak gol Portugal di Piala Konfederasi 2017 tidak aneh. Penyerang Real Madrid itu punya tendensi absen menjebol gawang lawan pada laga perdana turnamen resmi.

Terakhir kali Ronaldo mencetak gol pada partai pembuka Portugal adalah di Piala Eropa 2004, ketika timnya kalah 1-2 melawan Yunani di laga perdana Grup A.

Untuk seterusnya, Ronaldo selalu menunggu hingga pertandingan kedua atau ketiga untuk mencetak gol bagi Portugal. Di Piala Dunia 2006, keran golnya baru terbuka pada laga kedua Grup D kontra Iran.

Hal sama terulang dua tahun kemudian di Piala Eropa 2008. Absen mencetak gol versus Turki, Ronaldo menyumbang satu gol saat Portugal menang 3-1 melawan Republik Ceska di pertandingan kedua Grup A.

Catatan serupa terulang pada tiga turnamen besar Ronaldo berikutnya: Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012, dan Piala Dunia 2014.

Di Piala Eropa, Ronaldo harus menunggu sampai laga ketiga Grup C untuk memecah kebuntuan. Dwigolnya membantu Portugal mengalahkan Belanda 2-1 dan lolos ke babak perempat final.

Begitu juga di Piala Dunia 2014, ketika golnya menjadi penentu kemenangan 2-1 atas Ghana di Grup G. Bedanya, kala itu gol Ronaldo tak cukup membantu Portugal lolos ke perdelapan final.

Terakhir, di Piala Eropa 2016, Ronaldo pun mencetak dua gol di laga terakhir skuat Fernando Santos kontra Hungaria. Laga berakhir seri 3-3 dan Portugal lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik :

TOPIK :

Komentar