Amsterdam Arena Mendapat Nama Baru

By Dian Savitri - Kamis, 27 April 2017 | 00:45 WIB
Johan Cruyff (kiri) berbincang dengan Sir Bobby Charlton pada kejuaraan golf The Alfred Dunhill Links Championship di Kingsbarns Golf Links, di Kingsbarns, Skotlandia, pada 2 Oktober 2009.
ROSS KINNAIRD/GETTY IMAGES
Johan Cruyff (kiri) berbincang dengan Sir Bobby Charlton pada kejuaraan golf The Alfred Dunhill Links Championship di Kingsbarns Golf Links, di Kingsbarns, Skotlandia, pada 2 Oktober 2009.

Setelah Piala Super Belanda diberi nama Johan Cruyff Schaal sejak 1996, kini Ajax Amsterdam akan memberi penghormatan kepada pemain legendaris Belanda itu dengan mengganti nama stadion mereka, Amsterdam Arena, menjadi Johan Cruyff Arena.

Tribut itu bersamaan dengan tanggal kelahiran Cruyff, 25 April. Tahun ini, jika masih ada, Cruyff akan berusia genap 70 tahun. Cruyff wafat pada 25 Maret 2016.

Sebagai pemain, Cruyff membawa Ajax menjadi juara Eredivisie sebanyak delapan kali dan juara Piala Champions tiga kali beruntun (1971, 1972, dan 1973).

Sebagai pelatih, Cruyff mengawal klub itu menjadi runner-up Eredivisie 1986-1987, dua kali juara Piala Belanda, dan satu kali juara Piala Winners (1986-1987).


Stadion Amsterdam Arena sebelum menggelar pertandingan Eredivisie antara Ajax Amsterdam dan Feyenoord, 2 April 2017, di Amsterdam.(DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES)

Baca Juga:

“Kami yakin mengubah nama stadion akan menjadi cara yang paling tepat untuk mengenang Johan Cruyff. Harapan kami adalah Johan Cruyff Arena bisa menjadi inspirasi untuk semua pesepak bola di penjuru dunia,” demikian kata-kata yang tertulis di situs resmi Ajax.

Selain itu, Wali Kota Amsterdam juga sudah menyetujui untuk mengubah nama jalan, plaza, jembatan, atau tempat lain di Amsterdam menjadi Johan Cruyff.

Keputusan Ajax untuk mengubah Amsterdam Arena menjadi Johan Cruyff Arena muncul setelah Barcelona – tempat di mana Cruyff juga menjadi legenda – memberi nama stadion baru mereka yang sedang dibangun di Ciudad Deportivo Joan Gamper akan memakai nama Cruyff juga.

Stadion itu, di mana Barca B akan berlaga, rencananya akan diresmikan pada 2018 dan memuat 6.000 penonton.


Editor : Beri Bagja
Sumber : EuroSport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.