Jacksen Tiago Ungkap Resep Keberhasilan Tite Bawa Brasil Lolos ke Piala Dunia 2018

By Ferril Dennys Sitorus - Rabu, 29 Maret 2017 | 21:45 WIB
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, berfoto dengan pelatih Brasil,  Tite.
Dok. Pribadi
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, berfoto dengan pelatih Brasil, Tite.

 Pelatih Barito Putera asal Brasil, Jacksen F Tiago, mengaku senang atas keberhasilan negaranya lolos ke Piala Dunia 2018. Jacksen pun coba menganalisis keunggulan tim berjuluk Samba tersebut.

Neymar dan kawan-kawan memastikan kupon ke Piala Dunia setelah meraih kemenangan 3-0 atas Paraguay, Selasa (28/3/2017).

Brasil pun memuncaki klasemen dengan koleksi 33 poin dari 14 pertandingan. Dengan empat laga sisa, mereka sudah aman di zona empat besar yang berarti lolos otomatis ke putaran final.

Keberhasilan Brasil ini tidak lepas dari ramuan Tite, yang ditunjuk membesut Brasil sejak 2016. Pelatih berusia 55 tahun tersebut menggantikan Carlos Dunga yang dipecat lantaran Brasil tampil buruk di Copa America 2016.

Jacksen berpendapat, Tite sebagai pelatih mampu merebut hati pemain ketimbang Dunga.

"Dunga cukup kaku pada prinsip-prinsip. Dia juga kerap mencampurkan urusan pribadi terhadap pemilihan pemain. Berbeda dengan Tite yang fleksibel," kata Jacksen kepada Kompas.com, Rabu (29/3/2017).

Salah satu sikap luwes yang ditunjukkan Tite adalah saat memanggil pemain. Tite akan terlebih dulu berdisikusi dengan pelatih yang menangani para pemain di klub masing-masing.

Contohnya saat memanggil Philippe Coutinho. Tite menghubungi pelatih Liverpool Juergen Klopp untuk membahas soal perkembangan Coutinho.

"Jadi dia lebih memahami pemain. Dia juga menghubungi langsung Thiago Silva soal kesediaannya memperkuat Brasil," tutur Jacksen.

Thiago Silva dan Marcelo merupakan pemain yang dibekukan Dunga dari skuad Brasil.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.