Jalani Laga Ke-1.000, Buffon Lewati Rekor Iker Casillas

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 25 Maret 2017 | 09:49 WIB
Kiper tim nasional Italia, Gianluigi Buffon (kiri), menjalani sesi latihan di Coverciano, Florence, Italia, pada 22 Maret 2017.
CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES
Kiper tim nasional Italia, Gianluigi Buffon (kiri), menjalani sesi latihan di Coverciano, Florence, Italia, pada 22 Maret 2017.

Laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G melawan Albania punya arti penting untuk kiper dan kapten tim nasional Italia, Gianluigi Buffon. Pertandingan tersebut menjadi pertandingan ke-1000 yang dia jalani sepanjang karier profesional, serta menjadikannya kiper tim nasional dengan caps terbanyak.

Buffon menjalani caps ke-1000 sebagai kiper baik di level klub maupun level tim nasional. Total, dia tampil 612 kali untuk Juventus, 220 kali untuk Parma, dan 168 kali untuk tim nasional Italia. Buffon pun mencatat 426 clean sheet.

Sejak memulai debut profesional di Parma pada 1995, Buffon sudah menjalani tidak kurang 22 tahun berkarier di sepak bola.

Di level klub, kiper berusia 39 tahun tersebut memenangi sejumlah gelar, termasuk tujuh gelar Serie A dan empat trofi Coppa Italia.

Baca Juga:

Buffon juga merasakan bermain di dua final Liga Champions bersama Juventus, yaitu pada musim 2002-2003 dan 2014-2015. Namun, I Bianconeri kalah di kedua partai pamungkas tersebut, masing-masing oleh AC Milan dan FC Barcelona.

Prestasi Buffon bersama tim nasional Italia pun tidak kalah mentereng. Dia pertama kali melakukan debut sebagai pemain nasional pada 1998.

Namun, Buffon baru menjadi kiper nomor satu Italia pada Piala Dunia 2002 dan bertahan hingga saat ini.

Bersama Gli Azzurri, Buffon memenangi Piala Dunia 2006, serta menjadi runner-up pada Piala Eropa 2012. Sejak 2011, dia juga dipercaya menjadi kapten tim nasional.

Selain menjadi laga ke-1000 sepanjang karier sepak bola Buffon, pertandingan kontra Albania juga menjadi caps ke-168 untuknya di level tim nasional.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : FIFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.