Buffon Menuju Rekor Penampilan Terbanyak Eropa

By Kamis, 23 Maret 2017 | 11:01 WIB
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, merayakan kemenangan timnya atas Inter Milan dalam laga Serie A di Juventus Stadium, Turin, Italia, 5 Februari 2017.
VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, merayakan kemenangan timnya atas Inter Milan dalam laga Serie A di Juventus Stadium, Turin, Italia, 5 Februari 2017.

Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Italia akan menghadapi Albania pada Jumat (24/3/2017) di Renzo Barbera, Palermo. Empat hari kemudian, Gli Azzurri bertemu Belanda di Amsterdam dalam pertandingan uji coba.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Kini sudah berusia 39 tahun, kiper Gianluigi Buffon masih menjadi salah satu pemain terpenting Squadra Nazionale.

Penjaga gawang Juventus yang juga berstatus kapten timnas Italia itu tampaknya akan turun bermain minimal di salah satu dari laga kontra Albania dan Belanda.

Apabila hal itu terjadi, Buffon akan membuat sebuah pencapaian bersejarah. Mentas sekali saja, penjaga gawang bertinggi badan 191 cm itu akan mengumpulkan 168 penampilan buat Italia.

Angka 168 cap akan membuat Buffon menjadi pemain dengan koleksi penampilan terbanyak buat negaranya di antara timnas-timnas Eropa.


Aksi Gianluigi Buffon kala membela timnas Italia menghadapi Jerman dalam laga uji coba di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, 15 November 2016.(CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES)

Saat ini dengan jumlah 167 penampilan, Buffon sebetulnya sudah memuncaki daftar kolektor cap terbanyak timnas Eropa.

Tapi, dia membagi posisi itu dengan dua pemain lain. Mereka adalah Vitalijs Astafjevs (Latvia) dan Iker Casillas (Spanyol). Astafjevs sudah pensiun pada 2010, jadi tak bisa lagi menambah jumlah penampilannya buat negara.

Casillas sama saja. Eks kiper Real Madrid itu belum pensiun, tapi dia terakhir kali dipanggil Spanyol untuk Piala Eropa 2016.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.752


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.