Liga Super China, Didongkrak Seperti Liga Indonesia

By Jumat, 3 Maret 2017 | 13:19 WIB
Presiden Xi Jinping, ingin mendongkrak kapasitas pemain lokal China.
PETER KLAUNZER/AFP
Presiden Xi Jinping, ingin mendongkrak kapasitas pemain lokal China.

Pada Desember 2016, FIFA menyebut China hanya memiliki sekitar 25 ribu pemain sepak bola. Angka itu sudah terlihat minim, apalagi jika melihat China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Data 2016 menunjukkan populasi China adalah hampir 1,4 miliar orang. Perbandingan antara pemain sepak bola dan jumlah penduduk China terlalu kecil.

Bandingkan dengan beberapa negara Amerika Selatan, di mana satu dari empat penduduknya memainkan sepak bola.

Dari situ sudah kelihatan bahwa China sebetulnya bukan negara sepak bola. Mereka tidak memiliki tradisi melahirkan pemain-pemain bagus secara kontinu.

Baca juga:

Lemahnya sumber daya manusia China dalam sepak bola juga bisa dilihat dari minimnya pemain Negeri Tembok Besar yang kualitasnya diakui klub-klub top dunia.

Memang ada banyak pemain China yang pernah merumput di Eropa, tetapi rata-rata bukan di klub top yang identik bersaing di level sepak bola tertinggi.

Sebut saja pemain paling beken yang pernah dimiliki China. Hao Haidong cuma membela Sheffield United, Fan Zhiyi di Crystal Palace dan Dundee, Li Tie di Everton, dan Sun Jihai di Manchester City, yang belum menjadi klub kaya setelah dibeli Abu Dhabi United Group.

Bandingkan dengan Jepang atau Korea Selatan. Jepang punya Hidetoshi Nakata, yang pernah meraih scudetto di Serie A bersama Roma.

Korsel malah memiliki Park Ji-sung, legenda yang pernah menjadi bagian skuat Manchester United yang menjuarai Premier League dan Liga Champion.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.746


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.