Sejarah Baru di Liga Champions Asia, Ada Perempuan Pelatih

By Anju Christian Silaban - Kamis, 23 Februari 2017 | 12:17 WIB
Chan Yuen-ting mendampingi Eastern SC saat melawan Guangzhou Evergrande pada partai fase grup Liga Champions Asia di Stadion Tanhe, Rabu (22/2/2017).
STR/AFP
Chan Yuen-ting mendampingi Eastern SC saat melawan Guangzhou Evergrande pada partai fase grup Liga Champions Asia di Stadion Tanhe, Rabu (22/2/2017).

 Chan Yuen-ting menjadi perempuan pelatih pertama yang menangani  tim sepak bola pria pada kompetisi level kontinental.

Hal itu dipastikan setelah klub asuhan Chan, Eastern SC, melawan Guangzhou Evergrande pada partai fase grup Liga Champions Asia di Stadion Tanhe, Rabu (22/2/2017).

Sayang buat Chan, momen pentingnya ternoda karena Eastern kalah 0-7 dari tim asuhan Luiz Felipe Scolari, pelatih yang pernah membawa Brasil jadi juara dunia.

Kekalahan Eastern juga diwarnai kartu merah untuk Tsz-Ho Wong pada menit kedua dan Chi-Chung Wong pada menit ke-34.

Eastern lolos ke kompetisi kasta teratas antarklub Asia itu setelah menjuarai Hong Kong Premier League 2015-2016.

Baca Juga:

Musim lalu, Eastern memenangi persaingan Kitchee SC dengan selisih satu poin di klasemen akhir.

Gelar juara Eastern juga melahirkan rekor baru buat Chan. Sosok asal China itu merupakan perempuan pelatih pertama yang menjuarai kompetisi profesional pria.

Karier Chan dimulai sejak dirinya menjadi analis data untuk Hong Kong Pegasus. Dia turut menangani tim junior dan meraih tiga gelar.

Baru pada Juli 2015, perempuan berusia 28 tahun itu pindah ke Eastern sebagai asisten pelatih. Hanya enam bulan berselang, dia diangkat menjadi pelatih kepala.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : AFC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X