TOPIK TERPOPULER
Penyerang AS Monaco, Kylian Mbappe, merayakan gol ke gawang Metz pada laga Ligue 1 di Stade Louis II, Monaco, pada 11 Februari 2017.
YANN COATSALIOU/AFP
Penyerang AS Monaco, Kylian Mbappe, merayakan gol ke gawang Metz pada laga Ligue 1 di Stade Louis II, Monaco, pada 11 Februari 2017.

Pemain Muda AS Monaco Ini Mengalahkan Pencapaian Karim Benzema dan Thierry Henry

MONACO, JUARA.net - Tidak banyak anak muda yang bisa mengalahkan pencapaian Karim Benzema. Salah satunya muncul pada 12 Februari 2017.

Nama Benzema masuk dalam buku sejarah Ligue 1 sebagai salah satu dari sedikit penyerang berusia di bawah 20 tahun yang mampu mencetak hat-trick di pertandingan kasta tertinggi Liga Prancis.

Benzema membuat trigol pertama dalam karier profesionalnya pada September 2007 di laga Olympique Lyon melawan Metz yang berakhir dengan skor 5-1.

Saat itu dia berusia usia 19 tahun dan 8 bulan.

Pada 12 Februari 2017 seorang anak muda dari AS Monaco melewati pencapaian Benzema dalam mencetak hat-trick pertama di Ligue 1.

Anak muda itu bernama Kylian Mbappe Lottin. Dia mencetak tiga dari kemenangan 5-0 Monaco atas Metz.

Saat mengemas trigol di Stadion Louis II Monako itu, Kylian Mbappe berusia 18 bulan dan 1 bulan.

hat-trick tersebut terjadi hanya dua bulan setelah Kylian Mbappe mencetak rekor pribadi bersama Monaco.

Pada 14 Desember 2016, Mbappe mencetak hat-trick pertama dalam karier profesionalnya saat Monaco menghajar Rennes dengan skor 7-0 di babak 16 besar Piala Liga.

Mbappe mampu melewati pencapaian-pencapaian dua penyerang top Prancis, Thierry Henry dan Karim Benzema, di masa mudanya.

Saat itu Mbappe belum genap berusia 18 tahun! Dia baru berusia 18 tahun pada enam hari kemudian, tepatnya pada 20 Desember.

Namun, ada satu rekor pribadi Karim Benzema yang sudah pasti tidak bisa dilewati Kylian Mbappe.

Benzema mencetak gol pertamanya di Ligue 1 pada Januari 2005 dalam usia 17 tahun dan 29 hari. Sementara, Mbappe menorehkan gol debutnya di Ligue 1 dalam usia 17 tahun dan 62 hari pada 20 Februari 2016.

Meski demikian, Mbappe menjadi pencetak gol termuda Monaco. Dia melewati pencapaian Thierry Henry yang mencetak gol pertamanya untuk Monaco dalam usia 17 tahun dan 4 bulan pada tahun 1996.

Sebelumnya Mbappe juga mematahkan rekor lain yang dibuat Henry, yakni pemain termuda yang melakukan debut di tim senior Monaco (dalam usia 16 tahun dan 347 hari) pada Desember 2015.

Mbappe mampu melewati pencapaian-pencapaian dua penyerang top Prancis, Thierry Henry dan Karim Benzema, di masa mudanya.

 

Apakah penyerang tim Prancis U-17 dan U-19 ini bisa melewati kehebatan dua nama terkenal itu?

Yang jelas Henry mengagumi kemampuan Kylian Mbappe.

"Saya tidak membuat perbandingan, tapi setelah bertemu dengannya, saya melihat dia kalem, penuh hormat, dan seseorang yang ingin belajar," kata Henry kepada RMC Sports.

"Ketika saya pertama kali melihatnya bermain melawan Tottenham di Liga Europa, begitu melihatnya, saya tahu bahwa dia adalah seorang pemain hebat. Saya berkata: 'siapa dia?" ungkap Henry.

"Dalam usia 16 tahun setengah, dia meminta bola. Dia bisa mendribel, menembak, merebut kembali bola, dan dia senang menguasai bola," kata mantan bintang Arsenal itu.

Media-media mulai membandingkan Kylian Mbappe dengan para pemain terbaik dunia seperti Lionel Messi, Neymar, dan Cristiano Ronaldo.

Namun, Kylian Mbappe merasa tidak pantas. "Cristiano Ronaldo, Messi, dan Neymar fenomenal. Saya masih jauh (dari level itu)," ujarnya setelah laga melawan Metz pada 12 Februari 2017.

 

  • Penulis: Riemantono Harsojo
  • Editor: Estu Santoso
  • Sumber: L'Equipe, RMC Sports
TOPIK :

Komentar