Terlalu Boros, Klub Liga China Bisa Diskors

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 20 Januari 2017 | 11:02 WIB
Oscar menjalani debutnya bersama Shanghai SIPG di Doha, Qatar, Senin (8/1/2017).
Dok. Twitter Oscar
Oscar menjalani debutnya bersama Shanghai SIPG di Doha, Qatar, Senin (8/1/2017).

Asosiasi Sepak Bola China (CFA) terus memperketat aturan transfer di liga tersebut. Klub Chinese Super League yang menghamburkan uang untuk membeli pemain akan dikenai hukuman.

CFA menyatakan bahwa klub-klub Chinese Super League harus mandiri dari perusahaan sponsor utama mereka. Aturan ini dibuat untuk mengurangi potensi klub saling berlomba membeli pemain dengan biaya transfer tinggi serta gaji mahal.

Sebagai contoh, Shanghai SIPG membeli pemain Chelsea, Oscar, dengan harga 60 juta euro (Rp 855 miliar). Jumlah ini menjadikan Oscar sebagai pemain termahal di Asia.

Oscar bukan satu-satunya pemain top yang pindah ke China. Carlos Tevez dan Axel Witsel pun menyandang status sebagai pemain Chinese Super League pada musim 2016-2017.

[video]http://video.kompas.com/e/5285847204001_v1_pjuara[/video]

Sebelumnya, Graziano Pelle dan Ezequiel Lavezzi sudah lebih dulu memutuskan meneruskan karier mereka di negara Tirai Bambu.

CFA ingin mencegah adanya pemborosan anggaran klub pada bursa transfer. Mereka menuntut tiap klub punya sistem finansial yang independen dan tidak terikat oleh korporasi atau sponsor untuk urusan finansial.

"CFA akan menyewa auditor pihak ketiga untuk mengawasi pendanaan klub, pengeluaran, investasi untuk pengembangan pemain muda, serta metode pembayaran gaji. Auditor ini juga akan menyiarkan laporan pendapatan dan pengeluaran klub, serta mendenda klub yang terjerat utang," demikian bunyi pernyataan resmi CFA.

Selain mengawasi kebijakan transfer, CFA juga mewajibkan klub-klub peserta untuk measang setidaknya satu pemain lokal di bawah usia 23, serta meminta mereka membentuk tim level U-19, U-17, dan U-15.

Tujuannya, menjaga pembinaan pemain muda di negara tersebut terus berjalan. 


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : ESPN


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.