Louis van Gaal Pensiun dari Dunia Kepelatihan

By Beri Bagja - Selasa, 17 Januari 2017 | 08:45 WIB
Louis van Gaal memberikan apresiasi kepada fans setelah membawa Manchester United juara Piala FA lewat kemenangan atas Crystal Palace pada final di Wembley Stadium, London, 21 Mei 2016.
MIKE HEWITT/GETTY IMAGES
Louis van Gaal memberikan apresiasi kepada fans setelah membawa Manchester United juara Piala FA lewat kemenangan atas Crystal Palace pada final di Wembley Stadium, London, 21 Mei 2016.

Louis van Gaal memutuskan pensiun dari dunia kepelatihan sepak bola. Pelatih asal Belanda berusia 65 tahun ini mengambil keputusan tersebut atas dasar kepentingan keluarga.

Van Gaal mengonfirmasikan keputusan mundur dari dunia racik strategi pada Senin (16/1/2017) malam waktu Belanda atau Selasa dini hari WIB.

Momennya terjadi pada acara penganugerahan khusus di Scheveningen untuk menghargai segala kontribusinya.

"Awalnya, saya berpikir untuk rihat (sebagai pelatih), tapi kini saya tidak berpikir untuk kembali melatih. Banyak hal yang terjadi dengan keluarga saya," kata sang meneer kepada Telegraaf.

Van Gaal tak melatih tim mana pun sejak dipecat Manchester United pada akhir musim lalu.

Setelahnya, ia sempat menerima tawaran megakontrak dari sebuah klub asal Benua Asia dengan iming-iming gaji 44 juta pounds (Rp 707,7 miliar) untuk tiga musim!

Akan tetapi, Van Gaal menolaknya.

"Saya bisa saja pergi, tetapi saya masih berada di sini," kata pria bernama lengkap Aloysius Paulus Maria van Gaal ini.

Dengan demikian, berakhirlah petualangan Van Gaal selama tiga dekade di balik kemudi pelatih. Ia mulai bersentuhan dengan papan strategi tim sejak menjadi asisten manajer di AZ Alkmaar pada 1986-1988.

Selanjutnya, Van Gaal menimba ilmu di mantan klubnya, Ajax Amsterdam, masih sebagai tangan kanan pelatih. Baru pada 1991-1997 dia menjabat pelatih tim utama di Ajax.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.