Gabon Vs Guinea Bissau, Waspadai Tim Debutan

By Sabtu, 14 Januari 2017 | 17:17 WIB
Penyerang Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang (depan), beraksi melawan timnas Sudan dalam laga penyisihan Piala Afrika di Khartoum Stadium, Sudan, 2 September 2016.
STRINGER / AFP
Penyerang Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang (depan), beraksi melawan timnas Sudan dalam laga penyisihan Piala Afrika di Khartoum Stadium, Sudan, 2 September 2016.

Tuan rumah Gabon boleh saja di atas angin saat bertemu Guinea Bissau dalam laga perdana Grup A Piala Afrika 2017 pada Sabtu (14/1/2017). Namun, pelatih Gabon, Jose Antonio Camacho, merasa perlu mengingatkan bahwa tim debutan seperti Guinea selalu punya potensi untuk mengejutkan.

Penulis: Dedi Rinaldi

Apalagi, fakta mengungkapkan Gabon belum pernah sekali pun bertemu Guinea.

Sebagai sosok yang yang pernah menangani timnas Spanyol dan Real Madrid, Camacho sangat memahami bagaimana kuatnya motivasi tim debutan untuk mengejutkan.

Dari 16 negara yang bertanding di putaran final Piala Afrika 2017, Guinea satu-satunya peserta yang baru pertama kali lolos ke putaran final.

Kehadiran Guinea sendiri disebut mengejutkan Benua Hitam Afrika karena mampu menyingkirkan tiga negara yang jauh lebih berpengalaman pada fase kualifikasi seperti Zambia, Kenya, dan Kongo.

[video]http://video.kompas.com/e/5272442211001[/video]

Menariknya, skuat Guinea asuhan pelatih Baciro Cande ini membawa target tinggi ke Piala Afrika 2017, yaitu meniru pencapaian dan kesuksesan yang diraih Portugal pada ajang Piala Eropa 2016.

Portugal tidak diunggulkan sejak awal, tapi mampu menjadi yang terbaik di Piala Eropa 2016.

“Banyak pemain kami juga bermain di Portugal dan bersekolah sepak bola Portugal. Jadi, kami ingin menunjukkannya di Piala Afrika 2017,” kata Cande.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.