Piala Dunia Klub, Merepotkan tapi Tetap Menarik

By Kamis, 8 Desember 2016 | 20:39 WIB
Pemain Barcelona merayakan kemenangan mereka atas River Plate dalam laga final Piala Dunia Antarklub 2015 di Stadion Yokohama, Yokohama, pada 20 Desember 2015.
ATSUSHI TOMURA/GETTY IMAGES
Pemain Barcelona merayakan kemenangan mereka atas River Plate dalam laga final Piala Dunia Antarklub 2015 di Stadion Yokohama, Yokohama, pada 20 Desember 2015.

Bagi klub-klub Eropa, bisa jadi satu-satunya hal yang membuat tidak nyaman untuk berlaga di ajang Piala Dunia Klub ialah waktu penyelenggaraan. Turnamen ini biasa digelar setiap Desember, di saat sudah mendekati masa winter break.

Penulis: Dedi Rinaldi

Meski klub Eropa yang diwakili peraih juara Liga Champions seperti diberikan kemudahan ketimbang federasi lainnya, tetapi berlaga di Piala Dunia Klub kerap dianggap hanya buang-buang waktu dan kebugaran pemain.

Tak jarang pemain bintang terjerat cedera saat bertanding di turnamen ini. Pada edisi 2011 misalnya, Barcelona harus kehilangan pilarnya, striker David Villa.

Saat itu, Villa terlanda cedera saat Barcelona meladeni klub dari Asia, yaitu Al Sadd.

Karena itu, kabarnya FIFA bakal membuat Piala Dunia Antar Klub semakin luas nantinya.

Harian Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung, menyebut institusi tertinggi sepak bola dunia itu siap menambah peserta kompetisi tersebut menjadi 16 tim.

Bahkan, bukan tidak mungkin semakin melebar menjadi 32 tim seperti Piala Dunia antarnegara.

Ide ini sampai sekarang masih di tataran wacana, tetapi Presiden FIFA, Gianni Infantino, berjanji untuk merealisasikannya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.722


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X