TOPIK TERPOPULER
Marcello Lippi merayakan gol tim nasional Italia dalam kualifikasi Piala Dunia 2010 kontra Republik Irlandia di Stadion Croke Park, Dublin, Irlandia, 10 Oktober 2009.
CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES
Marcello Lippi merayakan gol tim nasional Italia dalam kualifikasi Piala Dunia 2010 kontra Republik Irlandia di Stadion Croke Park, Dublin, Irlandia, 10 Oktober 2009.

Marcello Lippi, Calon Pelatih Baru Timnas China

JUARA.net - Mantan pelatih Juventus, Inter Milan, dan tim nasional (timnas) Italia, Marcello Lippi, akan kembali terjun ke dunia sepak bola. Ia dilaporkan bakal segera menangani timnas China.

Marcelo Lippi, yang berjasa membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006, kabarnya telah menerima tawaran melatih dari Asosiasi Sepak Bola China (CFA) pada pekan lalu.

Berdasarkan informasi dari Calciomercato, pria 68 tahun itu sudah berkomunikasi dengan para stafnya, dan akan segera terbang ke Negeri Tirai Bambu. Semua itu untuk mendiskusikan detail kontraknya sebagai pelatih China.

Uniknya, menurut Corriere dello Sport, keputusan penunjukkan Lippi sebagai juru taktik China merupakan perintah langsung dari Presiden China, Xi Jinping.

Lippi akan mengisi jabatan yang sebelumnya dipegang Gao Hongbo. Nama terakhir dipecat setelah China hanya menang tiga kali, imbang sekali, dan kalah empat kali dari delapan pertandingan.

Bahkan, China kini menduduki peringkat terakhir pada klasemen Grup A putaran final kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia. Mereka cuma mengemas satu poin dari empat laga.

Bagi Lippi, sepak bola China bukanlah hal baru. Pada rentang waktu 2012-2104, pelatih berambut putih tersebut sempat menukangi klub Liga Super China, Guangzhou Evergrande.

Di klub yang berdiri pada 1954 itu, Lippi sukses menorehkan prestasi mengagumkan, yakni tiga kali juara liga, satu gelar Piala FA China, dan satu kali juara Liga Champions Asia.

China memang sedang gencar mengembangkan sepak bolanya. Sejumlah klub mereka rela merogoh kocek dalam untuk mendatangkan pemain-pemain kelas dunia yang pernah berjaya di kompetisi Eropa.

Bahkan, China dikabarkan berminat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

 

  • Penulis: Nugyasa Laksamana
  • Editor: Estu Santoso
  • Sumber: Calciomercato, Corriere dello Sport
TOPIK :

Komentar