Copa America Sudah Untung Secara Finansial

By Minggu, 26 Juni 2016 | 12:50 WIB
Kapten Argentina, Lionel Messi, menyapa penggemar usai mengalahkan Amerika Serikat dalam pertandingan semifinal Copa America Centenario di NRG Stadium, Houston, Amerika Serikat, 21 Juni 2016.
MARK RALSTON/AFP
Kapten Argentina, Lionel Messi, menyapa penggemar usai mengalahkan Amerika Serikat dalam pertandingan semifinal Copa America Centenario di NRG Stadium, Houston, Amerika Serikat, 21 Juni 2016.

Sunil Gulati selaku Presiden Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) mengutarakan kepada Sports Illustrated sebelum Copa America Centenario mentas bahwa untuk masuk kategori menguntungkan secara finansial bagi tuan rumah, tiap pertandingan Copa America minimal harus disaksikan 35 ribu penonton di stadion.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Terhitung sampai perempat final, Sunil boleh bersuka karena target tersebut tercapai, malah melewati prediksi semula.

Sudah lebih dari satu juta orang menghadiri langsung 23 duel Copa America dari fase grup dan partai perempat final.

Persisnya, 1.067.320 suporter menikmati langsung atmosfer duel antarnegara ini di dalam 10 stadion penyelenggara.

Angka tersebut tak menghitung dua duel semifinal, di mana partai Amerika Serikat kontra Argentina yang mentas di NRG Stadium (21/6/2016) merupakan sold-out.

Stadion tersebut berkapasitas 72 ribu bangku.

Artinya, rata-rata sekitar 45 ribu penonton menyaksikan tiap laga Copa America. Jumlah itu jelas lebih tinggi dibandingkan target 35 ribu penonton yang diutarakan oleh Sunil.

Euro 2016

Apabila dikomparasikan  dengan perhelatan Euro 2016, selisihnya pun tak jauh berbeda meski masih kalah jika dirata-rata. 


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.