Tak Sertakan Pirlo-Giovinco, Conte Dikritik Major League Soccer

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 25 Mei 2016 | 11:41 WIB
Pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, saat memimpin para pemainnya dalam sesi latihan di Coverciano, Florence, Italia, pada 18 May 2016.
CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES
Pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, saat memimpin para pemainnya dalam sesi latihan di Coverciano, Florence, Italia, pada 18 May 2016.

Liga Sepak Bola Profesional Amerika Serikat, atau Major League Soccer (MLS), mengkritik kebijakan pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, yang tidak menyertakan Andrea Pirlo dan Sebastian Giovinco ke dalam skuatnya.

Saat merilis skuat Italia untuk Piala Eropa 2016, pada Selasa (24/5/2016), Conte melontarkan pernyataan yang cukup kontroversial terkait keputusan tak memasukkan nama Pirlo dan Giovinco.

Menurut Conte, Pirlo dan Giovinco tak dipanggil timnas lantaran berkarier di MLS, kompetisi yang dinilai Conte masih "kalah kelas" jika dibandingkan dengan sepak bola Eropa.

Pirlo, 37 tahun, menjalani karier di MLS bersama New York City FC. Adapun Giovinco yang berusia 29 tahun, memperkuat Toronto FC.

"Kami telah mengevaluasi Pirlo dan Giovinco. Jika Anda memilih berkarier di sana (MLS), Anda harus membayar konsekuensinya dalam sepak bola," ucap Conte.


Baca Juga:

Sontak, hal itu mengundang reaksi keras dari pihak MLS. Melalui situs resminya, MLS "menyerang" kebijakan dan pernyataan Conte terkait penetapan skuad Italia.

"Ketika pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, membuat keputusan untuk meninggalkan Andrea Pirlo dan Sebastian Giovinco dari daftar skuad Piala Eropa 2016, itu murni merupakan evaluasi yang subjektif," demikian pernyataan MLS.

"Merujuk pada pernyataan Conte Selasa kemarin, yakni 'jika Anda memilih berkarier di sana, Anda harus membayar konsekuensinya dalam sepak bola', itu merupakan hal bodoh dan serampangan."

Meskipun Pirlo dan Giovinco sudah tak berkarier di Eropa, MLS menilai keduanya masih layak masuk timnas. Terlebih Giovinco telah meraih berbagai penghargaan di MLS, salah satunya MLS MVP 2015 atau Pemain Terbaik MLS 2015.



Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : mlssoccer.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.