Riise: Totti seperti Dewa, Gerrard Punya Karisma

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 23 Februari 2016 | 08:41 WIB
Bek kiri asal Norwegia, John Arne Riise, saat tampil pada sebuah laga uji coba melawan Lithuania di Oslo, 7 Juni 2011.
ODD ANDERSEN/AFP
Bek kiri asal Norwegia, John Arne Riise, saat tampil pada sebuah laga uji coba melawan Lithuania di Oslo, 7 Juni 2011.

Mantan bek kiri Liverpool dan AS Roma, John Arne Riise, menyampaikan opini tentang Steven Gerrard dan Francesco Totti. Menurut Riise, Gerrard adalah pemimpin yang hebat, sedangkan Totti seperti dewa di klubnya.

Riise yang kini menginjak usia 35 tahun, memperkuat Liverpool pada periode 2001-2008. Adapun bersama AS Roma, Riise bertahan selama tiga tahun (2008-2011).

Berbekal pengalaman memperkuat Liverpool dan AS Roma, Riise pun membagikan ceritanya, termasuk membahas sosok Gerrard dan Totti, yang notabene adalah ikon dari dua klub tersebut.

"Tanpa mengurangi rasa hormat kepada pemain lain, Francesco Totti itu seperti dewa. Dia orang yang sangat sopan, ramah, humoris, dan sangat membantu. Sulit bagi kita semua membayangkan Roma tanpa sang pangeran (Totti)," ujar Riise saat diwawancarai Goal, Senin (21/2/2016).

"Bagi saya, tentu akan lebih baik jika tim bisa tampil bersama Totti. Kami merasa lebih aman dan kuat secara mental," kata pria asal Norwegia tersebut.

Sosok Gerrard di mata Riise juga tak kalah hebatnya. Riise berpendapat bahwa Gerrard yang kini merumput bersama Los Angeles Galaxy, punya pengaruh yang besar terhadap Liverpool saat pertandingan.

"Gerrard lebih dari seorang kapten di lapangan. Dia punya karisma. Adapun Totti, kehadirannya tak hanya dirasakan di lapangan, tetapi di seluruh lingkungan Roma," tutur Riise.

Riise merupakan salah satu pemain yang berjasa mengantarkan Liverpool juara Liga Champions pada 2005 di Istanbul, Turki. Kala itu, saat laga final, Liverpool menang dramatis atas AC Milan melalui babak adu penalti.

Kini, pemain yang dikenal dengan tendangan keras kaki kirinya itu sedang tak membela klub manapun. Klub terakhir yang dibela Riise adalah Delhi Dynamos (India), yakni pada periode Agustus 2015-Januari 2016.

[video]http://video.kompas.com/e/4766662308001_ackom_pballball[/video]


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X