Klub Jerman Ini Dilatih 'Jose Mourinho Bayi' Berusia 28 Tahun

By Beri Bagja - Jumat, 12 Februari 2016 | 06:13 WIB
Julian Nagelsmann saat masih menjabat pelatih tim junior Hoffenheim. Kini, ia menerima promosi ke tim utama dalam usia 28 tahun.
DOK. TWITTER
Julian Nagelsmann saat masih menjabat pelatih tim junior Hoffenheim. Kini, ia menerima promosi ke tim utama dalam usia 28 tahun.

 Klub Jerman, Hoffenheim, resmi menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih kepala yang baru. Dalam usia 28 tahun, Nagelsmann mencatat rekor sebagai pelatih tetap termuda dalam sejarah Bundesliga. Meski masih belia, ia sudah punya julukan keren sebagai Baby-Mourinho alias Jose Mourinho versi bayi.

Nagelsmann lahir di Landsberg am Lech pada 23 Juli 1987. Ia diangkat Hoffenheim pada Kamis (11/2/2016) guna menggantikan posisi Huub Stevens (62), yang mundur karena alasan kesehatan.

Pada 27 Oktober 2015, Hoffenheim sebenarnya sudah mematenkan posisi pelatih buat Nagelsmann. Namun, posisi tersebut baru berlaku mulai musim depan.

Mundurnya Stevens kemudian mengubah skenario awal, sehingga Nagelsmann naik jabatan lebih cepat.

Siapa sebenarnya Nagelsmann? Kenapa pula dia sudah banting setir sebagai juru taktik pada usia yang terbilang muda? Jawabannya ada pada kaki sang pelatih.

"Untuk dapat bermain, saya membutuhkan 40 lutut buatan," ucap Nagelsmann dalam sebuah wawancara dengan Spox.com.

Ayah satu anak itu sempat membela tim junior FC Augsburg dan 1860 Muenchen, tapi kariernya sebagai pesepak bola berakhir prematur di level U-19. Ia digerogoti rentetan cedera akut pada kartilago di lutut.

Nagelsmann memutuskan pensiun dini pada 2008 dan bergabung dengan Augsburg sebagai asisten pelatih tim junior. Bosnya saat itu adalah Thomas Tuchel, arsitek Dortmund musim ini.

Setelah itu, Nagelsmann berkiprah di Hoffehheim sebagai pelatih tim U-17, asisten tim senior, hingga jabatan terakhirnya sebagai pelatih tim U-19 sejak 2013.

Ketika menjadi asisten pelatih kepala di Hoffenheim pada 2012-2013, Nagelsmann mendapat julukan Baby-Mourinho atau Mini-Mourinho karena sifatnya yang perfeksionis dan sangat teliti menyerupai eks pelatih Chelsea tersebut.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Bild, Spiegel, SWR


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.