Perubahan dari ITF, Format Piala Davis Bakal Berubah

By Riemantono Harsojo - Sabtu, 11 Maret 2017 | 02:15 WIB
Christopher Rungkat saat  tampil membela tim Davis Cup Indonesia melawan Jepang di Tokyo pada Februari 2013.
TORU YAMANAKA/AFP
Christopher Rungkat saat tampil membela tim Davis Cup Indonesia melawan Jepang di Tokyo pada Februari 2013.

Federasi Tenis International (ITF) akan mengubah format kejuaraan tenis beregu pria, Piala Davis. Perubahan itu kabarnya dapat dukungan total.

"Pada pertemuan di Indian Wells, Dewan Direksi ITF secara bulat mendukung paket reformasi yang komprehensif dari BNP Paribas untuk Piala Davis dan Piala Fed," demikian pernyataan resmi ITF seperti dikutip dari situs itftennis.com.

"Reformasi tersebut termasuk pertandingan Piala Davis dimainkan tiga set daripada lima set menyusul adanya review dari format pertandingan saat ini."

Menurut ITF, Diskusi lebih lanjut mengenai implementasi pertandingan best of three sets baik dalam dua atau tiga hari penyelenggaraan akan terus dilakukan bersama semua stakeholder.

"Semua rekomendasi akan dibawa pada pertemuan tahunan ITF pada Agustus 2017. Di mana, semua perubahan membutuhkan persetujuan melalui penghitungan suara," lanjutan rilis itu.

BNP Paribas adalah sponsor dari Piala Davis dan Piala Fed, kejuaraan beregu untuk perempuan. Saat ini, Piala Davis menggunakan format penyelenggaraan selama tiga hari (dari Jumat ke Minggu).

Setiap pertandingan menggunakan format best of five sets. Namun, jika salah satu tim sudah dipastikan menang dengan mencapai angka 3, dua pertandingan sisa dimainkan dengan format maksimal berlangsung tiga set.

Jika diubah menjadi dua hari penyelenggaraan, format Piala Davis menjadi sama seperti Piala Fed. Piala Fed dimainkan dua hari (Sabtu dan Minggu) dengan setiap pertandingan menggunakan format best of three set.

Situs Tennis World menyebut perubahan format ini akan mendapat sambutan positif dari para petenis pria. Petenis pria tidak perlu lagi bersusah payah bermain lima set selama tiga hari berturut-turut.


Editor : Estu Santoso
Sumber : ITF, Tennis World


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.