Keputusan Lee Chong Wei ke Olimpiade Tokyo 2020 Tunggu Hasil Kejuaraan Dunia

By Delia Mustikasari - Kamis, 12 Januari 2017 | 17:45 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei (kanan), didampingi pelatihnya Hendrawan berlatih persiapan menjelang Olimpiade Rio 2016 di Kuala Lumpur, 8 Juli 2016.
MANAN VATSYAYANA /AFP PHOTO
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei (kanan), didampingi pelatihnya Hendrawan berlatih persiapan menjelang Olimpiade Rio 2016 di Kuala Lumpur, 8 Juli 2016.

Hasil dari Kejuaraan Dunia 2017 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus akan menjadi penentuan apakah pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, masih meneruskan tampil pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Chong Wei sudah diminta berulang kali untuk tetap bermain hingga 2020, meskipun dia merasa tidak yakin," kata pelatih Lee, Hendrawan seperti dilansir The Star.

"Tetapi, saya katakan kepada dia untuk tidak memikirkan hal lain di luar tahun ini dan hanya fokus pada kejuaraan dunia. Jika bisa menjadi juara dunia tahun ini, maka dia harus menghapus semua keraguan terhadap dirinya untuk bisa mengejar Olimpiade 2020," ucap pelatih asal Indonesia ini.

Hendrawan mengakui bahwa Lee sempat ragu dengan dirinya sendiri apakah masih akan terus bermain setelah meraih keping medali perak ketiga pada Olimpiade Rio 2016.

Apalagi, pada turnamen tutup tahun BWF Superseries Finals 2016 yang digelar di Hamdan Sports Complex, Dubai, kiprah Lee terhenti pada babak penyisihan Grup B.

"Setelah Dubai, Chong Wei datang dan berbicara dari hati ke hati kepada saya. Dia mengaku sudah lelah. Dia kemudian menanyakan berapa usia saya ketika pensiun dan alasan mengapa saya pensiun," aku Hendrawan.

"Saya katakan kepadanya bahwa saya pensiun karena rawan cedera sehingga tidak lagi termotivasi. Namun, hal itu tidak terjadi pada Chong Wei. Dia masih fit dan yang paling penting, dia masih memiliki semangat," tutur Hendrawan.

Menurut Hendrawan, Lee ingin memenangi gelar juara dunia pertamanya tahun ini. Karena itu, Hendrawan memberi semangat kepada Lee bahwa menjadi juara masih mungkin jika memiliki motivasi.

Sepanjang 2017, Lee hanya akan berkompetisi pada lima turnamen yakni All England, Malaysia Terbuka, Piala Sudirman, Indonesia Terbuka, dan kejuaraan dunia.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : The Star


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.