Korea Tantang Cina di Final Piala Sudirman

By Tulus Muliawan - Sabtu, 25 Mei 2013 | 22:06 WIB
Zhang Nan/Zhao Yunlei, menjadi penentu kemenangan Cina atas Denmark di semifinal.
Ben Stansall/AFP/Getty Images
Zhang Nan/Zhao Yunlei, menjadi penentu kemenangan Cina atas Denmark di semifinal.

Misi Korea untuk merebut gelar keempatnya di Piala Sudirman tahun ini akan menemui jalan terjal. Pasalnya, Cina yang tampil sebagai juara bertahan siap menghadang di partai final.

Korea lolos ke babak final setelah menundukkan Thailand 3-1. Korea sempat tertinggal lebih dulu setelah pemain tunggal putra Lee Dong-keun ditekuk Boonsak Ponsana, 21-9 21-12. Namun, Korea bisa membuka harapan setelah tunggal putri Sung Ji-hyun sukses menundukkan Ratchanok Inthanon, 21-17 21-14.

Korea melanjutkan suksesnya di nomor ganda campuran. Pasangan Ko Sung-hyun/Kim Ha-na memenangi laga kontra Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dengan skor 21-18 21-19. Ganda putra Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae menjadi pahlawan Korea setelah mengandaskan perlawanan Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech, 21-13 21-10.

Sementara itu, Cina juga tak menemui kesulitan saat berhadapan dengan Denmark di semifinal. Negeri Tirai Bambu langsung memimpin 3-0 setelah Chen Long menundukkan Jan O Jorgensen, 21-16 21-16 dan Li Xuerui menekuk Line Kjaersfeldt, 21-13 21-9.

Kemenangan Cina dipastikan oleh peraih medali emas Olimpiade London 2012, Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang menundukkan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, 21-15 21-12. Pasangan ganda putra Denmark, Carsten Mogensen/Mathias Boe sebetulnya menang melawan Cai Yun/Fu Haifeng di partai keempat, tapi hasil itu tak lagi berpengaruh.

Baik Korea maupun Cina sama-sama mengejar gelar juara tahun ini. Cina mengejar trofi kesembilan, sedangkan Korea yang keempat. Sebelum final tahun ini, Cina dan Korea pernah bertemu sebanyak tiga kali di final pada 1997, 2003, dan 2009. Dari ketiga laga tersebut, Cina menang dua kali dan sisanya menjadi milik Korea.


Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X